Radar Kajen

Ingat, Bulan Depan Musim Panen Teri

Ingat, Bulan Depan Musim Panen Teri

KULITI KERANG – Lantaran cuaca ekstrem, sejumlah nelayan memanfaatkan waktu dengan mencari kerang.
TRIYONO

Memasuki bulan November dan Desember atau akhir tahun, menjadi bulan keberuntungan bagi nelayan di wilayah Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Sebab, bulan tersebut merupakan musim panen ikan teri.

Panen ikan teri dimanfaatkan oleh nelayan disaat kembali ke darat untuk menambah tangkapan. Setidaknya puluhan kilogram ikan teri bisa didapat oleh nelayan saat melaut.

“Untuk musim ikan teri mulai November hingga Desember dan biasanya kami mengganti jaring dengan ukuran kecil saat melaut untuk mendapatkan ikan teri,” ungkap Suryanto (45) warga Wonokerto yang setiap hari bisa memperoleh 20-50 kilogram.

Diakui, untuk menjual hasil tangkapan ke pengepul di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wonokerto dengan harga Rp 40-60 ribu per kilogram, tergantung kualitas tangkapan.

“Lumayan bagi nelayan kapal kecil seperti kami dan selain ikan teri kadang kami juga mendapatkan ikan Pandak namun harganya tidak terlalu bagus,” imbuhnya.

Salah seorang pengepul ikan teri dan ikan asin di Wonokerto, Surip mengatakan bahwa musim teri berpengaruh terhadap pemasukannya.

“Untuk sebelumnya, ikan teri kering tembus Rp 90 ribu kini mencapai Rp 70-60 ribu perkilogram.”

Ketua Koperasi Nelayan Jaya Mandiri, Suprat menyatakan bahwa biasanya disaat tangkapan menurun, ada nelayan yang memanfaatkan dengan mencari ikan teri.”Memang harganya berbeda dibandingkan dengan harga ikan lainnya,” imbuh dia. (yon)

PENULIS: TRIYONO

Facebook Comments