Radar Pendidikan

Lomba Mural Tingkatkan Kreativitas Siswa

Lomba Mural Tingkatkan Kreativitas Siswa

MELUKIS – Siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan melukis dinding sekolah dalam rangka Milad ke 72, Kamis (8/11).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah Pekajangan untuk meningkatkan kreativitas seni siswa adalah dengan menggelar lomba mural atau membuat lukisan pada dinding. Lomba mural dilaksanakan selama dua hari, Kamis (8/11) hingga Jumat (9/11).

Kepala SMP Muhammadiyah Pekajangan, Ahmad Rizano, menuturkan lomba mural merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Milad ke 72 SMP Muhammadiyah Pekajangan. Lomba mural ini mengawali kegiatan lain yang akan digelar hingga 14 November mendatang.

Lomba mural diikuti oleh seluruh siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan dari kelas 7 hingga kelas 9. Seluruh siswa dibagi ke dalam 20 kelompok yang akan membuat mural di dinding sekolah. Setiap kelompok mendapatkan tema mural yang berbeda-beda, diantaranya pendidikan, nasionalisme, dan lingkungan.

“Lomba melukis dinding atau mural ini digelar dalam rangka Milad SMP Muhammadiyah Pekajangan dengan tema utama Kreativitas untuk SPEMKA. Dari tema utama itu ada sub tema lagi, antara lain pendidikan, nasionalisme, lingkungan, dan lain-lain. Setiap kelompok memilih sub tema yang berbeda-beda sebagai acuan dalam membuat mural,” ujarnya kepada Radar, Kamis (8/11).

Selain untuk menyemarakkan Milad ke 72, lomba mural ini juga dimaksudkan untuk mengasah kreativitas siswa khususnya dalam bidang seni. Menurut Rizano, Milad ke 72 SMP Muhammadiyah Pekajangan akan diisi dengan berbagai lomba yang menjadi ruang kreativitas siswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

“Kami ingin memberikan ruang kreativitas kepada siswa melalui lomba mural dan lomba-lomba lain yang kami selenggarakan dalam rangka milad ini,” lanjutnya.

Selain lomba untuk siswa SMP Muhammadiyah Pekajangan, pihak sekolah juga menggelar lomba-lomba untuk siswa SD/MI se Kabupaten Pekalongan, antara lain lomba futsal, Lomba Cerdas Cermat (LCC), lomba solo song, lomba poster IT, dan lomba pidato. Serangkaian lomba tersebut akan digelar pada 13-14 November mendatang. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA

Facebook Comments