Radar Kendal

Sering Kebanjiran, Kantor Bupati Kendal Dibenahi

Kantor Bupati Kendal

PENGERJAAN – Salah satu proses peninggian jalan di lingkungan kantor bupati. Kegiatan itu menjadi bagian dari upaya mengantisipasi dampak musim hujan nanti.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Musim hujan tahun ini segera menjelang. Sebagai antisipasi terjadinya banjir di komplek perkantoran, Pemkab Kendal tengah melakukan normalisasi saluran air di area alun-alun dan komplek Kantor Bupati Kendal. Perbaikan itu dilakukan dengan cara melakukan pembersihan, pendalaman serta pelebaran saluran air.

Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi potensi banjir yang sering melanda pusat pemerintahan kabupaten Kendal itu saat musim penghujan tiba. Pada musim hujan tahun 2017, genangan air di komplek bupati Kendal mencapai selutut orang dewasa.

Kepala Proyek Normalisasi, Tarmuji mengatakan, normalisasi dilakukan agar saluran dapat menampung debit air yang banyak sekaligus memperlancar aliran air menuju sungai Kendal. Adapun panjang saluran yang dinormalisasi mencapai 125 meter, yakni mulai komplek alun-alun, Kantor Bupati, hingga komplek Lapas Kelas IIA Kendal.

“Saat ini kami masih melakukan proses perbaikan tahap demi tahap mulai belakang lapas, alun-alun, dapan rumah dinas Ketua DPRD dan selanjutnya pemasaran U-ditch dan tutupnya,” terangnya, Kamis (8/11).

Sesuai Surat Perintah Kerja (SPK) dari pengelola kegiatan di OPD, pengerjaan proyek normalisasi tersebut diberi waktu selama 125 hari kalender. Sementara proyeknya sendiri sudah dimulai di Bulan September lalu.

Kecuali itu, lantaran sering menjadi langganan terendam banjir saat musim hujan, Pemkab Kendal juga meminggikan jalan yang berada di dalam komplek Kantor Bupati Kendal setinggi 15 centimeter. Hal itu dilakukan agar air tidak menggenangi jalan.

Selama ini jika musim hujan tiba, air sering menggenangi komplek Kantor Bupati Kendal, sehingga cukup menggangu mobilitas pemerintahan.

“pengerjaan peninggian jalan itu merupakan pekerjaan satu paket dengan pengerjaan normalisasi saluran air yang berada di sekitar Kantor Bupati Kendal. Selesainya Desember, masih satu paket dengan pengerjaan proyek saluran air di sekitar komplek kantor bupati,” jelas Tarmuji. (fik)

Facebook Comments