Radar Kajen

Rp4-5 Miliar Dispkan untuk Pasar Darurat Wiradesa

Pasar Wiradesa Terbakar

PASAR WIRADESA – Kebakaran yang melanda Pasar Wiradesa, Rabu dini hari, mengakibatkan 400 lebih pedagang kehilangan mata pencaharian. Pemkab Pekalongan akan mulai membangun pasar darurat untuk menampung para pedagang, Jumat ini.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Proses pembangunan pasar darurat Wiradesa, akan dimulai Hari Jumat ini (9/11). Penanganan cepat dilakukan Pemkab Pekalongan untuk membantu aktivitas bagi pemenuhan ekonomi perekonomian para pedagang pasca kebakaran yang melanda pasar pada Rabu kemarin.

Seperti diketahui, kebakaran yang terjadi di eks terminal Pasar Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, mengakibatkan lapak milik 400 pedagang setempat ikut terbakar. Sehingga para pedagang kehilangan mata pencaharian.

Terkait penanganan kebakaran di Pasar Wiradesa, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, usai melakukan peninjauan bersama Wakil Bupati Arini Harimurti, anggota DPRD, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, langsung melakukan rapat koordinasi untuk memberikan respon cepat, agar pedagang tidak terpuruk.

“Usai kebakaran, saya langsung menggelar koordinasi untuk menangani masalah kekabaran tersebut, dan mengatasi agar pedagang tidak terpuruk, serta akan segera dibangunkan pasar darurat sementara untuk pedagang,” ujar Bisa Asip.

Berdasarkan koordinasi tersebut, hari Jumat ini, proses pembangunan pasar darurat Wiradesa akan dilakukan. Dengan demikian, dalam waktu tak lama, pasar sementara akan terselesaikan dan pedagang yang kehilangan lapak bisa kembali melakukan aktivitas.

“Insha Allah hari Jumat ini untuk proses pembangunan pasar darurat sementara bagi pedagang Pasar Wiradesa yang terdampak kebakaran sudah akan dilakukan. Ini merupakan langakah respon cepat kita, agar pedagang tetap bersemangat dalam kondisi apapun,” tandas Asip.

Kemudian, untuk pembangunan Pasar Wiradesa pada lokasi yang terbakar, Pemkab Kabupaten Pekalongan, tahun 2019 akan menganggarkan Rp 4-5 miliar. Sehingga nanti bangunan pasarnya lebih bagus dari sebelumnya.

Karena itu, pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersabar terhadap apapun kondisi yang dihadapi, utamanya kepada pedagang terdampak. Kemudian mengharapkan doa dan dukungan agar semua langkah dari Pemkab dapat terealisasi secara baik, sesuai harapan bersama. (yan)

Facebook Comments