Metro Pekalongan

Tingkatkan Kualitas Faskes BPJS Kesehatan Pekalongan Lakukan Kredensialing

PEKALONGAN – Salah satu tugas BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) sesuai standar mutunya atay Kredensialing (Uji Kelayakan). Kegiatan ini dilakukan untuk peninjauan berkaitan dengan pelayanan profesinya yang mencakup lisensi, riwayat malpraktek, analisa pola praktek dan sertifikasi. BPJS kesehatan melakukan kualifikasi, serta evaluasi untuk menyetujui atau menolak Faskes apakah dapat diikat dalam kerjasama dengan BPJS kesehatan yang penilaiannya didasarkan pada aspek administrasi dan teknis pelayanan.

Kredensialing bermanfaat untuk menghindari penerimaan fasilitas kesehatan yang tidak bermutu dan tidak memenuhi standar. Mendukung pemberian pelayanan kesehatan yang bermutu bagi peserta JKN serta mendukung persyaratan legal dan mendorong kompetisi antar faskes untuk menjadi provider JKN. Untuk Faskes yang sudah bekerja sama pun ditinjau kembali mutu dan kualitas pelayanannya (rekredensialing), sehingga kualitas pemberian pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS tetap terjaga.

Untuk faskes wilayah BPJS Kesehatan kantor cabang Pekalongan saat ini sudah terdaftar 226 faskes terdiri dari Puskesmas, Klinik, dan Dokter Keluarga. Tahun 2018 ini untuk perluasan Faskes yang dikredensialing oleh BPJS Kesehatan adalah 24 calon Faskes. Tim Seleksi Kredensialing BPJS Kesehatan Pekalongan melaksanakan kegiatan dengan mengunjungi calon Faskes yaitu Klinik Pratama Rawat Jalan QIM Kabupaten Batang, Kamis (04/10).

“Kriteria teknis kredensialing, adalah sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana dan lingkup pelayanan juga komitmen pelayanan,” ujar Hendro Sofyan Hadi, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan. Hendro menambahkan Faskes harus menjaga standar dan kompetensinya karena berhadapan langsung dengan para pasien Peserta JKN-KIS, dan sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya untuk menjaga keselamatan pasiennya.

Penambahan jumlah fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan perlu dilakukan untuk melayani jumlah peserta JKN-KIS yang meningkat dari waktu ke waktu. Namun, tidak semua faskes serta merta bisa jadi mitra BPJS Kesehatan, karena BPJS Kesehatan hanya akan bekerja sama dengan faskes terseleksi teruji mutu dan kualitasnya. (ma/ey)

Facebook Comments