Metro Pekalongan

Harapkan Pemetaan Lembaga di Pemkot Pekalongan Lebih Baik

Pemetaan Lembaga

AKTIVITAS – Suasana diskuis tim Anjab dan Evjab bertempat di ruang Kalijaga area Pemkot Pekalongan.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Sebagai upaya memetakan kelembagaan yang berada di wilayah Kota Pekalongan lebih baik, Bidang keorganisasian Pemkot Pekalongan membentuk tim Anjab (Analisis Jabatan) dan Evjab (Evaluasi Jabatan).

“Mengingat pentingnya Anjab dan Evjab ini, maka kita memang membentuk tim yang terdiri dari perwakilan OPD-OPD. Karena memang mereka lebih paham dengan OPD masing-masing,” ungkap Kepala Bidang Organisasi Pemkot Pekalongan, Muhammad Sahlan.

Dari pembahasan Anjab dan Evjab, maka akan diperoleh data sebagai informasi jabatan, uraian tugas, golongan serta bahkan bisa digunakan untuk mengetahui ABK (Analisis Beban Kerja) yang nantinya bisa berimbas pada pelaksanaan roda organisasi.

“Selama ini kan tunjangan jabatan harus ada dasarnya, tidak hanya perkiraan saja. Nah Anjab dan Evjab ini bisa dijadikan data dasar, tahun ini kita sudah mulai ajukan dan bisa diproses,” ucapnya.

Menurut Sahlan, Anjab dan Evjab merupakan sebuah rangkaian, yang sudah tim susun pada awal tahun melalui aplikasi dan tentunya akan dikomunikasikan jika sudah menemukan kata final.

“Nah Anjab ini bisa dijadikan juga sebagai SKJ (Standar Kompetisi Jabatan), jadi nanti penilaian akan lebih komplek dengan berbagai sudut pandang,” terangnya.
Pihaknya berharap, dengan terdokumentasikannya Anjab, Evjab serta ABK bisa membantu penataan kelembgaan dengan mendapatkan SDM yang baik serta mempunyai skill dan keahlian dibidangnya. (mal)

Facebook Comments