Metro Pekalongan

Realisasi Target Parkir Sudah Capai 72%

KOTA PEKALONGAN – Realisasi PAD dari bidang parkir, sudah mencapai angka 72% dari target sebesar Rp1,2 miliar hingga Oktober lalu. Dengan dua bulan tersisa, Dinas Perhubungan yakin dapat mencapai target yang sudah ditetapkan.

“Masih ada kekurangan Rp362 juta dengan sisa waktu dua bulan ini. Mudah-mudahan realisasi sampai akhir tahun bisa memenuhi target,” jelas Kasi Pembinaan Lalu Lintas pada Dinhub Kota Pekalongan, Endang Kostaman.

Keyakinan tersebut didasarkan pada kebiasaan juru parkir dalam memberikan setoran. Dikatakan Endang, kebiasaan juru parkir yakni menyerahkan setoran sekaligus pada akhir tahun sehingga angka capaian bisa mendadak tinggi saat mendekati akhir tahun. Meski begitu, dikatakan Endang pihaknya tetap terus mengejar setoran agar dibayarkan rutin setiap bulan.

“Kami terus mendorong agar setoran disampaikan tidak menunggu hingga akhir tahun. Walaupun realisasinya tetap bagus tapi tidak bagus untuk laporan keuangan. Jadi kami rutin melakukan penagihan dengan kegiatan bersama tim pembina parkir dua kali dalam seminggu. Harapannya setoran bisa disampaikan rutin dan tidak menumpuk di akhir tahun,” tambahnya.

Bahkan dikatakan Endang, Dinhub akan menindak tegas juru parkir yang menunggak dalam jangka waktu yang lama. Dinhub akan memutus perjanjian dengan juru parkir tersebut dan menggantikannya dengan juru parkir lainnya. “Bagi yang menunggak dan tidak bisa ditagih kami akan menindak tegas dengan memutus perjanjian kerjasama,” kata Endang.

Mengenai jumlah titik parkir di Kota Pekalongan, Endang menyebut saat ini terdapat 384 titik parkir yang diberikan izin. Tapi saat ini ada beberapa peraligan titik parkir yakni dari Pasar Banjarsari yang sebelumnya berada di Jalan Jeruk dan Jalan Mangga, kini berpindah ke Jalan Mawar dan Jalan Cempaka. “Kami juga terus mengidentifikasi potensi parkir baru khususnya di tempat-tempat yang memiliki jam operasional hingga di atas jam 12 malam,” katanya. (nul)

Facebook Comments