Radar Pendidikan

Dorong Guru Tak Ragu Menulis

Dorong Guru Tak Ragu Menulis

BEKALI – Seminar Karya Ilmiahnya sekaligus untuk membekali semangat para guru SMPN 5 Sragi dalam menulis.
EKA ISDITYA

SRAGI – Dalam dunia pendidikan, semangat literasi tidak hanya wajib dimiliki oleh para siswa, melainkan juga para guru sebagai pengajar dan pembimbing di sekolah.
Dalam rangka memaparkan karya ilmiah atau seminar karya ilmiah, Kepala SMP Negeri 5 Sragi, Margiati SPd MPd, mengajak para guru agar tak lagi ragu menuangkan ide-idenya dalam bentuk tulisan atau karya tulis. Kegiatan dilangsungkan di SMP Negeri 5 Sragi dan diikuti para guru, Rabu (31/10). Selain itu hadir pula pengawas bina SMP Negeri 5 Sragi, Sukirno MPd.

Dituturkan Margiati, setiap karya ilmiah salah satunya dalam bidang penelitian tindakan kelas dapat dinilai sebagai angka kredit jika diseminarkan dan dihadiri oleh minimal 15 guru dari minimal 3 sekolah.

Melalui momen tersebut, pihaknya ingin membekali, memotivasi, dan memberikan kiat-kiat menulis karya ilmiah. “Semangat menulis, khususnya dalam bentuk karya ilmiah di kalangan guru memang harus sering dipantik. Diantaranya dengan mendorong guru mengikuti kegiatan seminar karya ilmiah maupun mengikuti pelatihan-pelatihan menulis,” papar Bu Mar, sapaannya.

Karya tulis merupakan bagian dari ide, penelitian, yang kemudian dituangkan kedalam tulisan. Sehingga penting bagi para guru untuk mengembangkan semangat menulis, khususnya tulisan karya ilmiah.

“Sebenarnya disini bukan karya ilmiah saya yang menarik, tapi misi untuk mengajak dan memotivasi teman-teman guru agar tidak ragu untuk memulai menulis. Masalah hasil itu berproses,” ujar dia.

Meningkatkan kepercayaan diri serta semangat untuk menuangkan ide juga menjadi tahapan penting yang harus dimiliki oleh para guru. Dengan meningkatkan semangat literasi tersebut, tidak menutup kemungkinan akan semakin meningkatkan pula semangat dalam diri para siswa sehingga akan menambah keberhasilan kegiatan penyelenggaraan pendidikan. (yak)

Penulis: Eka Isditya

Facebook Comments