Radar Pendidikan

Sinergikan Peran Masyarakat Demi Pendidikan

Sinergikan Peran Masyarakat Demi Pendidikan

ISTIRAHAT – Suasana istirahat para siswa di RA Muslimat Sembungjambu.
EKA ISDITYA

BOJONG – Raudlatul Athfal (RA) Muslimat NU Sembungjambu, sebagai lembaga pendidikan yang didirikan Yayasan Muslimat NU Sembungjambu Kecamatan Bojong, berusaha mensinergikan peran masyarakat.

RA ini juga berdiri melalui perjuangan yang dilakukan warga Desa Sembungjambu, khususnya ibu-ibu Muslimat NU, sehingga menjadikan RA Muslimat merasa dimiliki dan memiliki dengan masyarakat.

Kepala RA Muslimat NU Sembungjambu, Zumaroh SPd, mengungkap sinergitas antara seluruh elemen warga Desa Sembungjambu khususnya Nahdlatul Ulama (NU) membawa peran penting demi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di tingkat pra dasar tersebut.

“Dari zaman dahulu, awal mula berdiri, sejak masih belum ada siswa, kami mendatangi dari rumah kerumah untuk mengajak anak-anak sekolah,” ujar Bu Zumaroh, sapaannya.
Didirikan oleh yayasan milik masyarakat tersebut, menjadikan tujuan utama RA Muslimat NU Sembungjambu ialah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Desa Sembungjambu melalui jalur pendidikan. “Alhamdulillah masyarakat disini saling mendukung, bersama-sama demi kebaikan RA,” imbuhnya.

Diceritakan, dalam penyelenggaraan pendidikan di RA Muslimat satu-satunya di Desa Sembungjambu tersebut selain mendapat Dana BOP dari pemerintah, pihaknya juga menggunakan dana dari yayasan, anggota, serta donatur yang senantiasa membantu.

“Alhamdulillah pengurus dan juga dari pihak yayasan tidak pernah lepas tangan, kami bersama-sama ingin memajukan pendidikan disini,” kata dia.

Pihaknya mengakui, tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak dan elemen masyarakat, mustahil dapat terselenggara pendidikan yang berkembang. (yak)

Penulis: Eka Isditya

Facebook Comments