Radar Kajen

Tak Paham Aturan, Banyak Pelanggaran APK Caleg

MUHAMMAD HADIYAN
DEKLARASI – Panwas, PPK dan peserta pemilu di Kabupaten Pekalongan menandatangani deklarasi kampanye damai dalam acara sosialisasi dan silaturahim Penyelenggara dan Peserta Pemilu, di Aula Kecamatan Siwalan, kemarin.

SIWALAN – Penyelenggara Pemilu, Panwaslu dan PPK Dapil 3 (Kecamatan Siwalan, Wiradesa, Wonokerto dan Tirto) menggelar pertemuan dengan peserta pemilu bertajuk Silaturahim Penyelenggara dan Peserta Pemilu. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Siwalan, kemarin, bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran pemilu. Sebab, banyaknya pelanggaran APK caleg belakangan ini, menunjukkan banyaknya caleg yang belum memahami aturan.

Acara tersebut dihadiri oleh Forkompimcam PPK, Panwaslu, caleg DPRD, pengurus parpol dapil 3, Bawaslu dan KPU Kabupaten Pekalongan.

Perwakilan panitia, Ahmad Taufik menjelaskan, pertemuan tersebut dilakukan untuk mengenalkan antara penyelenggara dan peserta pemilu.

Sebelumnya Panwaslu resah dengan maraknya pelanggaraan pemilu pada tahap kampanye. Sebulan masa kampanye sebanyak 300an APK sudah ditertibkan oleh Bawaslu dan Satpol PP.

“Banyaknya, APK yang diturunkan, menunjukkan caleg belum paham aturan. Makanya kami gelar Silaturahim, sekaligus sosialisasi,” kata Taufik, ketua Panwaslu Kecamatan Siwalan.

Abi Rizal, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, menekankan pada logistik kampanye. Bahwa segala biaya yang dikeluarkan oleh caleg harus dilaporkan melalui LPPSDK.

“Misalnya caleg memberikan topi, jilbab, sarung, tidak boleh melebihi 60 ribu per item, dan dilaporkan ke dalam laporan dana kampanye,” terang Abi.

Pembicara dari Bawaslu Kabupaten Pekalongan, Wahyudi Sutrisno, menjelaskan, peserta pemilu dipersilahkan mencetak APK sesuai design, jumlah dan lokasi sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Silakan APK dibuat dibicarakan antara caleg dan partai politik perihal jumlah dan penempatannya. Jangan asal pasang,” tegas Wahyudi.

Acara sosialisasi dan silaturahim ini pun ditutup dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai. (yan)

Facebook Comments