Radar Batang

Kades dan Perangkat Desa Minta Kenaikkan Gaji

NOVIA ROCHMAWATI
DIALOG – Bupati Wihaji saat melakukan dialog dengan perwakilan kepala desa pada acara Ngudoro.

WARUNGASEM – Kepala dan perangkat desa berharap adanya kenaikkan gaji. Keluhan tersebut disampaikan oleh perwakilan Kepala Desa Cepagan, Heri Kiswanto, saat didatangi Bupati Batang, Wihaji, dalam gelaran Ngudo Roso di Desa Cepagan, Warungasem, Rabu (7/11).

“Saya mewakili kepala desa dan perangkat desa yang ada di sini, berharap ada kenaikkan gaji bagi kami. Kami harap tahun 2018 ada kenaikkan dan bisa segera terealisasi,” terang Heri.

Menjawab permintaan tersebut, Wihaji mengamini adanya kenaikkan gaji. Meski begitu, Wihaji belum bisa menjanjikan berapa besaran kenaikannya karena sedang dilakukan pengkajian.

“Yang jelas pasti naik. Meski sedikit saya pastikan ada kenaikan. Nanti sedang dibahas dan dirapatkan oleh Dispermades. Dan terkait dengan insentif untuk RT nantinya akan kami anggarkan sendiri di luar dana desa,” terang Wihaji.

Selain kenaikkan gaji kades dan perangkat desa, Wihaji juga menanggapi keluh kesah lainnya dari masyarakat, seperti jalan yang rusak, bantuan guru wiyata bhakti, dan lainnya.

Tak hanya itu, Bupati juga turut memberikan bantuan berupa santunan anak yatim, bantuan sembako, dan juga bantuan kursi roda. Untuk menstimulasi usaha warga, bupati juga memberikan modal dan turut memberikan santunan kematian bagi ahli waris keluarga, serta bantuan lainnya.

Terkait dengan kenaikkan gaji kepala dan perangkat desa, Kepala Dispermades Batang membenarkan adanya kenaikan. Namun pihaknya belum dapat menginformasikan kepastian besaran kenaikkab tersebut. Pasalnya, hingga kini masih dalam tahap penggodokan dan pengesahan.

Diterangkan, untuk gaji tahun 2018 ini, Kepala Desa mendapatkan pemnghasilan tetap Rp 2.650.000. Sedangkan untuk sekretaris desa 70 persen dari kepala desa. Lalu perangkat desa lainnya mendapatkan siltap 60 persen dari gaji kepala desa.

“Tahun ini anggaran kami sepertinya mengalami pengurangan. Meski begitu kami tetap berusaha untuk memberikan kenaikkan gaji bagi kepala dan perangkat desa. Kami upayakan walupun mungkin naiknya sedikit. Mungkin perkiraannya sekitar Rp100-150 Ribu. Namun jumlah tersebut belum final. Masih bisa tambah masih bisa kurang. Tapi kami upayakan kenaikkannya bisa maksimal,” terang Tulyono. (nov)

Facebook Comments