Radar Kendal

Ratusan Warga Ikuti Pengobatan Gratis di Gerbong Kereta

NUR KHOLID MS
BHAKTI SOSIAL – PT KAI Daop 4 Semarang menggelar kegiatan bhakti sosial pengobatan gratis Rail Clinic di Stasiun Kereta Api Kaliwungu.

KENDAL – Ratusan warga yang tinggal di sekitar Stasiun Kaliwungu mengikuti pengobatan gratis yang digelar oleh PT KAI Daop IV Semarang di stasiun setempat, Rabu (7/11). Bakti sosial (baksos) itu dilakukan di atas kereta api yang berfungsi sebagai rumah sakit berjalan di atas rel yang diberi nama Rail Clinic.

Kegiatan juga melibatkan relawan mahasiswa. Dengan menggunakan baju perjuangan, mereka melayani serta membagikan sejumlah bendera merah putih dan balon kepada peserta baksos.

Executive Vice President PT KAI Daop 4 Semarang, Yosita mengatakan, baksos ala Rail Clinic ini sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang. Tahun 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedung jati, kemudian di 2017 dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung.

“Tahun ini dilaksanakan di tiga stasiun, yaitu di Stasiun Keradenan pada tanggal 28 Agustus 2018, Stasiun Gundih pada 30 Agustus 2018, dan Stasiun Kaliwungu di awal November ini, katanya.

Disebutkan Yosita, tidak kurang 300 warga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, sejak pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Adapun pelayanannya meliputi layanan kesehatan primer yang mencakup pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan mata, laboratorium, penyuluhan kesehatan serta pelayanan kefarmasian.

“KAI telah menyiapkan tim kesehatan sebanyak 18 petugas yang terdiri dari 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 8 perawat, 2 bidan, 2 apoteker, dan 1 tenaga administrasi,” terangnya.

Program Rail Clinic menurut Yosita menjadi wujud kepedulian BUMN tersebut kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur KA dalam bidang fasilitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. “Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic dan dilengkapi Rail Library ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencerdaskan masyarakat sekitar Stasiun Kaliwunggu, tukasnya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto menambahkan, selain pengobatan gratis, pihaknya juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat sekitar Kaliwunggu, berupa pemberian 50 kacamata gratis kepada siswa SD, serta penyerahan bantuan alat-alat olah raga untuk warga Kelurahan Kaliwunggu.

Kegiatan itu diharapkan menguatkan jalinan komunikasi antara PT KAI dengan warga sekitar Stasiun Kaliwunggu. “Dengan komunikasi yang baik, bisa terjalin kerja sama yang harmonis antara PT KAI dan masyarakat sekitar Stasiun dalam memajukan sektor perekonomian dan mendukung perkembangan transportasi perkeretaapian di wilayah ini,” harapnya. (nur)

Facebook Comments