Radar Pendidikan

Tingkatkan Wawasan, Pengurus OSIS MAN 1 Ikuti PKD Lanjutan

Tingkatkan Wawasan, Pengurus OSIS MAN 1 Ikuti PKD Lanjutan

DILATIH – Pengurus OSIS MAN 1 Kota Pekalongan mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Lanjutan (PKD Lanjutan) di sekolah setempat (4/11).
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Untuk meningkatkan kualitas wawasan serta kemampuan kepemimpinan bagi pengurus OSIS MAN 1 Kota Pekalongan, madrasah setempat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar Lanjutan (PKD Lanjutan) di sekolah setempat, Minggu (4/11).

Pelatihan diikuti oleh 43 peserta yang sebelumnya telah mengikuti PKD selama 3 hari, diakhiri perjalanan kaki dari Bawang ke Dieng.
Pada PKD Lanjutan ini siswa dibekali beberapa materi. Diantaranya adalah kemimpinan, cara bijak bermedsos, sisi hukum tentang bahaya Narkoba, korupsi dan hatespech serta Hoax, motivasi religi dalam sebagai sarana pencegahan terorisme dan penanaman nasionalisme dalam organisasi.

Dalam kegiatan, pihak madrasah melakukan kerjasama dengan beberapa pihak. Diantaranya dengan Kodim dan Polres Pekalongan Kota. Selain pembicara yang profesional di bidangnya masing-masing, Kepala MAN 1 Pekalongan
Drs Ahmad Najid MPdI juga menjadi pemateri tentang kepemimpinan.

Kepada pengurus OSIS MAN 1 Pekalongan, Ahmad Najid, menyampaikan bahwa seorang pemimpin harus tegas, mampu mengayomi, dan memberikan teladan bagi yang lain. “Jangan lupa prosedur pelaksanaan kegiatan harus diperhatikan mulai dari perencanaan sampai laporan kegiatan,” ucapnya dalam sesi tersebut.

Ahmad Najid mengatakan, tujuan PKD lanjutan ialah agar pengurus OSIS MAN 1 Kota Pekalongan mempunyai watak kepemimpinan sesuai dengan ajaran Rasululloh, memiliki kepekaan sosial serta jiwa pengabdian.

“Pelatihan ini ditujukan sebagai upaya mendidik pengurus OSIS agar bekerja sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Selain itu upaya pencegahan agar OSIS tidak terpengaruh terhadap paham-paham radikal, tidak memercayai Hoax begitu saja, serta tidak menyalahgunakan narkoba serta tetap memiliki rasa Nasionalisme terhadap NKRI,” tegasnya.

Ahmad Najid juga mengajak kepada pengurus OSIS untuk disiplin dalam berorganisasi. “Dengan disiplin kita akan sukses,” pungkasnya. (mal)

PENULIS: MALEKHA

Facebook Comments