Metro Pekalongan

Cegah Pungli, Layanan Kepolisian Diawasi Propam

Cegah Pungli, Layanan Kepolisian Diawasi Propam

MENGAWASI – Anggota Sie Propam dan Sie Was Polres Pekalongan Kota saat mengawasi pelayanan cek fisik kendaraan di kantor Samsat Kota Pekalongan, kemarin.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Guna mencegah atau mengantisipasi terjadinya pungutan liar, Polres Pekalongan Kota memperketat pengawasan semua fungsi pelayanan kepolisian kepada masyarakat. Pengawasan dilakukan Seksi Provost dan Paminal (Propam) serta Seksie Pengawasan (Sie Was).

Sebagaimana yang dilakukan pada Selasa (6/11). Sejumlah anggota Sie Propram dan Sie Was secara mendadak mengecek sejumlah pelayanan Polres Pekalongan Kota. Para anggota Propam itu ‘memelototi’ pelayanan yang diberikan anggota Polres Pekalongan Kota kepada masyarakat.

Beberapa tempat pelayanan yang diawasi, diantaranya Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) mapolres setempat. Pengawasan dilakukan baik di bagian registrasi atau pendaftaran, ruang uji teori sistem audio visual, lokasi uji praktik, maupun ruang foto.

Bukan hanya tempat pelayanan SIM. Anggota Sie Propam bersama Sie Was juga mengawasi pelayanan petugas di bagian cek fisik kendaraan di kantor Samsat Kota Pekalongan. Itu untuk memastikan bahwa di layanan cek fisik kendaraan tidak ada pungli. Anggota Propam juga standby di lingkungan Samsat setempat, untuk memastikan pelayanan di situ tidak terjadi pungli, khususnya oleh anggota polisi.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu, melalui Kasie Propam Iptu Ketut Artika, mengatakan, pihaknya kemarin sesuai instruksi Kapolres Pekalongan Kota bersama personel Sie Was untuk mengawasi pelaksanan pelayanan kepada pemohon SIM maupun pelayanan di Samsat.

“Kami mendapatkan perintah untuk membantu mengawasi pelaksanaan pelayanan, supaya bebas dari pungutan liar di kantor pelayanan Satpas SIM Polres Pekalongan Kota maupun di Samsat oleh pihak kepolisian,” tegas Iptu Artika.

Diungkapkan Kasie Propam, hasil pemantauannya pelayanan yang dilakukan sudah sesuai SOP. Misalnya di Satpas SIM, petugas juga sudah memasang spanduk yang berisi informasi mekanisme pembuatan SIM.

“Pemasangan alur mekanisme atau prosedur tentang proses pembuatan atau pelayanan SIM yang lebih jelas dan informatif untuk menghindari praktik percaloan. Sudah dipasang spanduk di dekat loket-loket,” katanya.

Demikian halnya di kantor Samsat, di lokasi pelayanan cek fisik kendaraan juga sudah jelas terpampang spanduk bertuliskan cek fisik gratis. Pihaknya menambahkan pengawasan dan pengecekan berbagai pelayanan itu dilakukan secara rutin.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, untuk tidak segan-segan melapor kalau ada praktik pungli oleh petugas kepolisian. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat

Facebook Comments