Radar Kendal

Kali Kedua Kendal Sabet Predikat WTP Setelah Puluhan Tahun

Kali Kedua Kendal Sabet Predikat WTP Setelah Puluhan Tahun

PENGHARGAAN – Bupati Kendal dr Mirna Annisa saat menunjukan perhargaan dari Kementrian RI atas capaiannya memperoleh predikat WTP dalam LKPD 2017.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mendapatkan penghargaan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia pada Rabu (31/10). Pemberian penghargaan dari kementrian keuangan itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kepada Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur di Semarang.

Penghargaan tersebut berkaitan atas capaian Kabupaten Kendal yang berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ini menjadi yang kedua kalinya Pemkab Kendal meraih WTP setelah tahun sebelumnya juga menyabet prestasi yang sama untuk pertama kalinya setelah puluhan tahun lamanya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa mengatakan, WTP merupakan predikat paling tinggi yang diberikan oleh BPK kepada instansi pemerintahan atas kesesuaian, kecukupan pengungkapan, dan kepatuhan terhadap perundang-undangan terhadap laporan keuangan. “Ini merupakan kali kedua Kendal mendapatkan predikat WTP. Hal ini atas komitmen kami dan para OPD untuk selalu menggunakan anggaran dengan benar serta penyusunan laporan keuangan dengan tepat,” jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mempertahankan predikat dan penghargaan tersebut sebagai bukti apakah pemerintah daerah bekerja dengan benar atau tidak. Saat ini, pihaknya akan berusaha mempertahankan predikat WTP, sehingga ke depannya Pemkab mendapatkan predikat tersebut secara konsisten di tahun-tahun berikut.

Sementara itu, Sekda Kendal, Moh Toha menambahkan, raihan WTP merupakan prestasi bagi Pemkab Kendal dalam menyajikan dan melaporkan keuanganya yang akuntabel. Selain itu, tercapainya prestasi itu sebagai bukti bahwa OPD telah melaksanakan sistem administrasi keuangan yang baik. “Ini juga upaya kami membentuk pemerintahan yang baik, yakni good government dan clean government,” tegasnya.(fik)

PENULIS: AKHMAD TAUFIK

Facebook Comments