Radar Pendidikan

Catat Ini, Paud Jangan Takut Diakreditasi

NOVIA ROCHMAWATI
RAKER – Himpaudi Batang saat melaksanakan Raker di Kantor Korwil Bidang Pendidikan Reban, Selasa (6/11).

BATANG – Himpaudi Batang gencar melakukan sosialisasi untuk mendorong lembaga Paud, khususnya Paud Non Formal, untuk ikut akreditasi. Mereka berharap, para pengelola Paud tak perlu takut mengikuti akreditasi. Terlebih, penilaian itu penting lantaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Batang.

Pesan itu disampaikan Ketua Himpaudi Batang, Etika Umi Romlah SE SPd, saat kegiatan rapat kerja Himpaudi Batang, Selasa (6/11), di Korwil Bidang Pendidikan Reban.

“Hari ini kami samakan persepsi tentang akreditasi. Bahwa akreditasi adalah hal yang sangat penting. Karena dapat menjadi rujukan kualitas pendidikan di Batang. Masih cukup banyak lembaga Paud yang belum terakreditasi. Oleh karenanya, Paud jangan takut diakreditasi. Memang banyak persyaratan yang perlu disiapkan. Tapi jika dilakukan maksimal, maka hasilnya juga akan berjalan dengan baik,” terang Etika.

Setelah adanya raker, Etika berharap semua lembaga Paud punya kesadaran untuk mengikuti akreditasi. Lembaga Paud bisa mengajukan akreditasi melalui sispena secara mandiri. Meski banyak dokumen yang dilengkapi, Himpaudi juga akan berusaha untuk membantu Paud yang berkomitmen mengikuti akreditasi.

Pihaknya juga aktif melakukan sosialisasi ke tingkat gugus, sehingga makin banyak lembaga yang terdorong dan termotivasi untuk akreditasi. Upaya itu juga sebagai bentuk kesadaran mereka akan kualitas lembaga dan lulusan yang mereka hasilkan.

“Kami berusaha sebisa mungkin untuk membantu lembaga Paud, khususnya bagi yang berkomitmen untuk mengikuti akreditasi. Karena akreditasi ini sebagai cara untuk mengukur kualitas lembaga kita. Sehingga kita bisa tau ke depannya bagaimana cara kita untuk mendidik anak dan bagaimana menyiapkan anak kita untuk siap menerima pelajaran di bangku sekolah dasar,” tandasnya. (nov)

Facebook Comments