Radar Desa

Kampung Tahu Babalan Lor Berbenah

EKA ISDITYA
KUNJUNGAN – Kunjungan Bupati Pekalongan beserta staf di Kampung Tahu, Babalan Lor jelang persiapan penilaian Adipura 2018, Senin (05/11).

BOJONG – Jelang persiapan penilaian Adipura 2018 di Kabupaten Pekalongan, Bupati Pekalongan berkunjung memantau kesiapan Kampung Tahu Babalan Lor, yang merupakan salah satu spot penilaian Adipura 2018. Segenap pengelola Wisata Edukasi Kampung Tahu, jajaran pemerintah Desa Babalan Lor dan Kecamatan Bojong, menyambut dengan antusias kunjungan yang dilaksanakan, Senin (05/11) lalu.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, mengungkap apresiasinya terhadap pengelolaan Kampung Tahu yang telah berhasil menyulap perkampungan kumuh menjadi wisata edukasi yang produktif. Selain pengelolaan lingkungan yang rapih, tingkat perekonomian di Desa Babalan Lor juga mengalami peningkatan. Tak hanya bidang perekonomian, di bidang sosial dan kesehatan, Kampung Tahu Babalan Lor Kecamatan Bojong juga berhasil menekan tingkat kematian ibu dan bayi hingga 0%.

Demikian dituturkan salah seorang pengelola Kampung Tahu Babalan Lor, Siti Muarofah. “Alhamdulillah sangat bersyukur sekali, kami mendapat dukungan dari banyak pihak dalam mengelola Desa Babalan Lor khususnya di Kampung Tahu ini,” tuturnya.

Memanfaatkan momen kunjungan tersebut, para pengelola juga menceritakan kondisi serta harapan dalam pengembangan Kampung Tahu Babalan Lor. “Insya Allah nanti, kami akan mendapat jadwal penilaian dari pusat untuk Adipura 2018 tanggal 12 November 2018. Semoga kami siap dan dapat memberikan kontribusi bagi Kabupaten Pekalongan,” ujar dia.

Penataan lingkungan, taman, serta infrastruktur yang telah dikelola di Kampung Tahu Babalan Lor mendapat apresiasi oleh Bupati dan Dinas LHK Kabupaten Pekalongan. “Alhamdulillah kami bisa mengungkapkan unek-unek dan banyak mendapat masukan. Insya Allah nanti rencananya akan didukung oleh dinas-dinas terkait dalam pengembangan infrastruktur di Kampung Tahu,” tambahnya.

Menanggapi rencana pengembangan dan pemanfaatan aliran sungai, pemerintah Kabupaten Pekalongan siap untuk membantu dalam mempersiapkan pengelolaan sungai mulai dari pengerukan hingga menyediakan media-media transportsi. “Untuk waktu pelaksanaannya memang belum dapat dipastikan kapan, semoga segera terealisasi,” tandasnya. (yak)

Facebook Comments