Nasional

Beralasan Ingin Urus Keluarga, Bupati Ini Pilih Mundur dari Jabatannya

Bupati Indramayu Anna Sophanah (Radar Cirebon/JawaPos.com)

Bupati Indramayu Anna Sophanah mengudurkan diri dari jabatannya. Praktis, langkah yang diambil orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Indramayu itu menuai tanda tanya besar di khalayak.

Hal itu terungkap saat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Indramayu menggelar rapat internal, yang digelar pada Senin (5/11) kemarin. Dalam rapat tersebut melakukan penjadwalan paripurna DPRD Indramayu, terhadap tindaklanjut adanya surat masuk dari Bupati Indramayu Anna Sophanah perihal pengunduran diri.

“Iya betul (mengundurkan diri, red), tadi suratnya dibacakan saat rapat Banmus DPRD Indramayu,” kata Anggota Banmus DPRD Indramayu Muh Sholihin, seperti dilansir dari pojoksatu.id (Jawa Pos Group).

Menurut Sholihin, alasan Anna mundur dari jabatannya yakni karena ingin fokus terhadap keluarga. Seperti diketahui jabatan Bupati kali ini merupaka periode yang kedua. Sebelumnya Anna telah menjabat sebagai Bupati Indramayu pada periode 2010-2015. Kemudian terpilih kembali untuk periode 2015-2020.

Bahkan sebelumnya, Anna menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Indramayu, selama kurnag lebih 10 tahun. Dia mendamping sang suami Irianto MS Syafiuddin (Yance) yang juga menjabat sebagai Bupati Indramayu selama dua periode yakni perode 2000-2005 dan 2005-2010.

“Alasanya fokus ngurusi keluarga,” katanya.

Sementara itu Pimpinan Rapat Banmus DPRD Indramayu Alam Sukmajaya, tidak menampik perihal keinginan mundur Bupati Indramayu Anna Sophanah. Dengan singkat, pihaknya memastikan hal itu. “Yupz,” ucapnya.

Perlu diketahui, Anna Sophanah berhasil memenangkan Pemilihan Bupati Indramayu di Tahun 2010, berpasangan dengan Supendi. Di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2015 lalu, duet pasangan tersebut kembali mempertahankan kursi E1 dan E2 Kabupaten Indramayu, meskipun bertarung secara Head To Head melawan Pasangan Calon (Paslon) Toto-Rastawiguna.

Diumumkan di Paripurna

Wakil Ketua DPRD Indramayu dari Fraksi Partai Gerindra, Kasan Basari membenarkan ada surat pengunduran diri dari Bupati Anna. Surat telah diterima pimpinan DPRD.

“Memang benar. Surat pengunduran diri bupati sudah diterima DPRD. Tinggal menunggu diumumkan lewat paripurna DPRD, sesuai jadwal badan musyawarah (bamus),” terang Kasan Basari, Senin (5/11).

Wakil Ketua DPRD Indramayu dari Fraksi PDI Perjuangan, Ruslandi, juga membenarkan tentang adanya surat pengunduran diri tersebut. Meski begitu, ia enggan berkomentar banyak.

Ia beralasan masih harus menunggu pengumuman resmi di DPRD. “Nantilah, kita tunggu pengumuman resmi saat paripurna DPRD sesuai jadwal dari bamus,” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD (Sekwan) Indramayu Iding Syafrudin saat dikonfirmasi, mengarahkan wartawan untuk menanyakan langsung ke pimpinan DPRD. Sayangnya, Ketua DPRD Indramayu Taufik Hidayat tidak bisa ditemui.

Masih dari data di DPRD, Bupati Anna dijadwalkan akan menyampaikan secara resmi pengunduran diri itu dalam rapat paripurna pada Rabu (7/11). Dan selanjutnya dibahas DPRD Indramayu. (jawapos)

Facebook Comments