Radar Kendal

Pembangunan Tugu Kelurahan Dinilai Terlalu Mahal

Pembangunan Tugu Kelurahan Dinilai Terlalu Mahal

TUGU – Salah satu tugu batas kelurahan yang ada di perbatasan kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Tugu batas kelurahan yang dibangun oleh Pemerintah Kecamatan Kendal yang jumlah keseluruhannya ada 40 tugu banyak menuai kritikan. Pasalnya menurut beberapa orang tugu dengan tinggi 4 meter dan lebar 1 meter berbentuk persegi empat dengan nilai pembangunan Rp 21,5 juta per tugu dianggap terlalu mahal.

Salah satunya diungkapnya oleh Nasirin, warga Kalibuntu Wetan, Kecamatan Kendal. Menurut dia, pembangunan tugu tidak terlalu dibutuhkan, apalagi dengan nilai yang begitu mahal dan disebutnya kurang masuk akal. Ia mengatakan, nilai Rp 21.5 juta pantasnya untuk membangun sebuah gapura depan gang, bukan hanya sebuah tugu.

“Kalau menurut saya itu terlalu mahal, harusnya uang Rp 21,5 juta bisa untuk membangun gapura depan gang, itupun gapura tidak sampai segitu nilainya. Di lain sisi, pembangunan tugu tersebut kurang ada manfaatnya,” ungkapnya.

Pendapat lain diungkapkan Abdulah, warga Langenharjo. Dia mengaku kaget jika tugu tersebut nilainya mencapai Rp 21,5 juta. Untuk sebuah tugu, nilai sebesar itu menurutnya kurang bisa diterima. Terlebih, nilai kemanfaatan sebuah tugu disebutnya kurang dirasakan masyarakat. Kata dia, anggaran Rp 21,5 juta idealnya bisa diperuntukkan bagi pembangunan sarpras lain yang lebih bermanfaat.

“Apa itu tidak terlalu mahal hanya untuk sebuah tugu, apalagi keberadaan tugu tersebut kurang dirasa manfaatnya. Kalau menurut saya, sebaiknya uang Rp 21,5 juta untuk hal lainnya yang lebih bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Kasi Pemberdayaan Kecamatan Kendal, Faizah mengatakan, pembangunan tugu kelurahan sudah sesuai dengan prosedur, sudah melalui analisis dari konsultan perencanaan dan bahkan sudah ada pemeriksaan dan asistensi langsung dari DPUPR Kabupaten Kendal. Perlu diketahui bahwa pembangunan tugu tersebut ada 5 paket, masing-masing paket ada 8 tugu dengan nilai Rp 186.700.000, artinya 1 tugu nilainya kisaran Rp 21,5 jutaan.

“Pembangunan tugu tersebut sudah sesuai dengan prosedur salah satunya melalui proses lelang. Bahkan ada asistensi dari DPUPR juga. Jika ada masyarakat yang mengkritik ya itu haknya, namun kami pun tidak bekerja sendiri, semua sudah kami laksanakan sesuai dengan aturan,” terangnya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments