Metro Pekalongan

Diusulkan, Komite Sekolah Dapat Anggaran Operasional

Diusulkan, Komite Sekolah Dapat Anggaran Operasional

DISKUSI – Dewan Pendidikan menggelar FGD membahas mengenai Pemberdayaan Komite Sekolah dan muncul usulan agar komite sekolah mendapatkan anggaran operasional.
M. AINUL ATHO

KOTA PEKALONGAN – Komisi C DPRD Kota Pekalongan, mengusulkan adanya pemberian anggaran operasional bagi komite sekolah setiap tahun. Usulan itu disampaikan Ketua Komisi C, Sudjaka Martana saat menjadi narasumber dalam acara Forum Group Discussion (FGD) Pemberdayaan Komite Sekolah, belum lama ini.

Anton sapaan akrabnya menjelaskan, prinsip komite sekolah memang sukarela, namun kerelawanan komite tidak cukup dan harus didukung dengan anggaran. “Peran dan fungsi komite sekolah sangat luar biasa dimana masyarakat secara sukarela berkumpul meluangkan waktu demi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Anton, sebelumnya dia pernah mengusulkan penganggaran operasional komite sekolah sebesar satu juta per tahun untuk satu komite, namun belum juga direalisasikan. “Sehingga mumpung APBD 2019 masih dibahas, saya mohon Dinas Pendidikan masukkan alokasi anggaran tersebut. Saya akan cermati betul penganggaran ini. Kalau mungkin, saya juga usulkan anggarannya sebesar dua juta rupiah per tahun,” tegasnya.

Sementara itu, Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan komite sekolah harus diptimalkan sehingga kedepan dapat turut bersinergi dalam rangka mewujudkan pendidikan yang terbaik bagi masyarakat.

“Selama ini komite sekolah dianggap sebagai tukang stempel kebijakan sekolah. Kami berharap anggapan miring ini bsa dibantah tidak hanya dengan kata-kata tapi dengan tindaka nyata,” pinta Walikota.

Mengenai usulan pemberian anggaran operasional bagi komite sekolah, Walikota menyatakan bahwa tahun depan Pemkot berkomitmen bersama DPRD untuk memberikan anggaran kepada komite sekolah. “Mudah-mudahan masalah penganggaran kita bersama mengawal sejauh mana kita bisa anggarkan itu di tahun depan,” katanya.

Walikota menyatakan, selama ini ada anggapan bahwa tanpa komite pendidikan dapat terus berjalan. Tapi Walikota meminta agar jangan sampai penafsiran seperti itu terus berkembang. “Komite sekolah harus memiliki andil dalam rangka memajukan pendidikan di sekolah masing-masing. Komite sekolah memiliki peran penting dalam rangka memajukan sekolah masing-masing,” tandasnya.(nul)

Penulis: M Ainul Atho

Facebook Comments