Radar Pendidikan

SD Muhammadiyah 01 Pekajangan Menuju Sekolah Adiwiyata

4 - SD Muhammadiyah 01 Pekajangan Menuju Sekolah Adiwiyata (1)

MENGGELAR – SD Muhammadiyah 01 Pekajangan menggelar kegiatan jalan sehat dalam rangka menuju sekolah adiwiyata, Sabtu (3/11).
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – Sejak Agustus lalu, SD Muhammadiyah 01 Pekajangan merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lingkungan Hidup (Dinperkim LH) untuk maju sebagai sekolah adwiyata. Dalam rangka menyukseskan program tersebut, pihak sekolah menggelar beberapa pembiasaan yang dilakukan setiap hari Sabtu.

Ketua Adiwiyata SD Muhammadiyah 01 Pekajangan, Alan Firlianto, menuturkan setiap Sabtu siswa beserta seluruh guru akan mengadakan beberapa kegiatan yang menunjang pencanangan Sekolah Adiwiyata.

“Dalam satu bulan ada empat minggu yang kami bagi. Sabtu pertama senam bersama, Sabtu kedua jalan sehat, Sabtu ketiga gosok gigi bersama secara benar, dan yang keempat melaksanakan kebersihan lingkungan di sekitar sekolah,” ujarnya kepada Radar usai kegiatan jalan sehat pada Sabtu (3/11).

Lebih lanjut Alan, sapaan akrabnya, juga menyebutkan bahwa persiapan menuju sekolah adiwiyata telah dilaksanakan sejak lama. Selain pembenahan fisik, SD Muhammadiyah 01 Pekajangan juga mulai melengkapi berkas-berkas sekolah adiwiyata, diantaranya foto kegiatan, foto sarana, serta silabus pembelajaran yang terintegrasi dengan adiwiyata.

“Pembenahan fisik yang baru kammi selesaikan adalah pembuatan bank sampah dan penambahan tanaman hias yang berasal dari siswa kelas 1 sampai kelas 6. Kami juga akan segera melaksanajan penghijauan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 01 Pekajangan, Nafirul Aini, mengungkapkan rasa optimisnya dalam menuju sekolah adiwiyata. Dengan persiapan yang matang serta dukungan dan bimbingan dari pihak-pihak terkait ia berharap SD Muhammadiyah 01 Pekajangan akan mendapatkan hasil baik dalam penilaian sekolah adiwiyata Januari mendatang.

“Kami melaksanakan persiapan bertahap mengingat adiwiyata membutuhkan dana yang besar, dan tidak bisa instan. Masih banyak yang harus dilakukan, tetapi kami optimis bisa sukses Sekolah Adiwiyata. Program tersebut juga menjadi bahan promosi sekolah disamping program full day school dan tahfidz Quran,” tandasnya. (run)

Penulis: FAKHRUN NISA

Facebook Comments