Radar Kajen

Penderita Kanker Payudara, Warga Miskin ini Tangannya Membengkak

Penderita Kanker Payudara

MENJENGUK – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat menjenguk Ruti (60), warga Desa Tenogo, Paninggaran, yang tangannya membengkak akibat kanker payudara.
MUHAMMAD HADIYAN

Ruti, (60) adalah warga miskin yang tinggal di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Ia menderita kangker payudara. Seperti apa kondisinya? M Hadiyan, Peninggaran

Memprihatinkan. Itulah kondisi fisik Ruti. Tangan kiri nenek ini membengkak dan besar akibat kanker payudara yang ia derita.

Mendengar penderitaan warga miskin pengidap kanker tersebut, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi langsung memberikan perhatian khusus. Bupati bersama Kepala Dinas Kesehatan Setiawan Dwi Antoro, dan anggota DPRD asal daerah setempat Mohammad Nasron, langsung mendatangi rumah ibu paruh baya tersebut, dan langsung melakukan tindakan.

“Jadi ini ibu Ruti menderita penyakit kanker payudara, dan selama ini sudah menjalani perawatan baik di rumah sakit maupun rutin kontrol di Puskesmas. Namun sampai sekarang belum ada hasilnya, dan sudah dua tahun,” ujar bupati.

Sebab itu, Asip langsung melakukan respon cepat untuk merawat warga Desa Tenogo itu ke Rumah Sakit Kariadi Semarang. Namun selama masa tunggu proses di Kariadi, ibu Ruti dipindahkan perawatan ke Rumah Sakit Kraton.

“Urusan ke Rumah Sakit Kariadi di Semarang sedang dilakukan, dan sambil menunggu kita akan pindahkan ke Rumah Sakit Kraton, agar ada perawatan dibandingkan ketika menunggunya di rumah,” terang Asip

Bupati menyampaikan terima kasih kepada karang taruna Desa Tenogo karena telah bergotongroyong dalam memantau warga yang membutuhkan. “Kita gotong royong, sumber daya sosial kita gunakan ramai-ramai untuk bersama-sama mengatasi sosial, kemasyarakatan dan kesehatan seperti ini,” jelas bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro, pada menyebutkan bahwa ibu Ruti sudah mendapatkan tindakan, baik di rumah sakit maupun rutin kontrol di Puskesmas. Kemudian sudah sempat dirujuk ke Rumah Sakit Kariadi dan terkendala masalah dana.

“Sekarang ini pak bupati memerintahkan kepada kami untuk melakukan penanganan dan membawa ke rumah sakit, dengan anggaran yang akan ditanggung oleh Pemkab Pekalongan. Sehingga bu Ruti langsung di bawa dari rumah untuk menjalani perawatan,” tandas Setiawan.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Mohammad Nasron yang juga warga Kecamatan Paninggaran, menyampaikan terima kasih kepada bupati karena sudah melakukan respon cepat terhadap penanaganan masalah sosial, kemasyarakata, dan kesehatan.

“Ini bukti dari keseriusan bupati dalam menangani permasalahan yang ada di masyarakat, langsung melakukan langkah cepat membantu masyarakat yang sedang mengalami sakit serius, untuk menjalani perawatan, semoga bu Ruti diberikan kesembuhan,” tambah Nasron. (yan)

Facebook Comments