Radar Batang

Senangnya Para Guru Kelilingi Kawasan Proyek PLTU

PLTU Batang

PEKERJAAN – Hingga Oktober 2018, pekerjaan fisik pembangunan PLTU Batang 2 x 1.000 MW sudah mencapai 57,2 persen.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Kado istimewa diberikan PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) kepada puluhan guru dari sejumlah SMA dan SMK di Kabupaten Batang, Sabtu (3/11). Mereka diajak untuk site visit ke proyek PLTU Batang 2 x 1.000 MW.

General Manager Community Relations & Goverment Relations BPI, Ary Wibowo mengatakan, kegiatan itu merupakan kelanjutan dari kegiatan Community Relations (CR) dalam memeriahkan Batang Expo 2018 dengan mengadakan lomba menulis tentang PLTU Batang tingkat pelajar SMA/SMK/Sederajat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dari lomba menulis PLTU Batang terhadap sekolah yang siswa siswinya mendapatkan juara. Kita ajak mereka untuk keliling melihat langsung proses pembangunan PLTU,” ungkapnya.

Sebelumnya, kata Ary, para siswa yang masuk nominasi, termasuk siswa-siswi yang menjadi juara sudah diberi kesempatan untuk keliling melihat langsung proses pembangunan PLTU. “Bagi BPI, ini bisa menjadi media sosialisasi kepada para pengajar, sedangkan bagi guru ini bisa dijadikan bahan informasi yang bisa disampaikan kepada para siswa/siswi nya,” jelas Ary.

Menurutnya, kegiatan site visit ini bisa dijadikan sebagai media sosialisasi dan sekaligus edukasi bagi guru-guru SMA/SMK di Kabupaten Batang tentang proyek pembangunan PLTU yang merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara. “Proyek yang diprakarsai oleh perusahaan konsorsium Jepang-Indonesia, yakni J-Power, Itochu, dan Adaro Power kini sudah menjadi ikon baru bagi Kabupaten Batang. Sehingga penting bagi para guru untuk mengenalkan ikon baru Kabupaten Batang ini kepada para peserta didiknya,” katanya.

Ditambahkan Ary, keberadaan PLTU yang menggunakan teknologi tinggi ramah lingkungan pertama di Indonesia, yakni Ultra Super Critical, kini menjadi magnet bagi para investor untuk bisa berinvestasi di wilayah Kabupaten Batang.

Sementara itu, Direktur Operasional PT BPI, Shiroki Yamashita mengucapkan terima kasih kepada para guru SMA/SMK yang meluangkan waktunya untuk mengunjungi proyek pembangunan PLTU Batang 2 x 1.000 MW. “PT Bhimasena Power Indonesia tetap berkomitmen untuk selalu dekat dengan berbagai macam lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Batang. Karena kami akan selalu ada dan bersama masyarakat, bersinergi bersama-sama membangun Kabupaten Batang untuk lebih baik lagi,” tegas Yamashita.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Adjie Suranto, guru SMK Negeri 1 Blado, yang mewakili peserta site tour, bahwa kegiatan itu sangat membantu para guru untuk menambah pengalaman dan informasi tentang PLTU Batang yang merupakan PLTU terbesar se-Asia Tenggara. Bahkan tehnologinya merupakan teknologi tinggi ramah lingkungan yang baru pertama kali ada di Indonesia, Ultra Super Critical.

“Terima kasih kepada PT BPI yang sudah memberikan kesempatan kepada para guru untuk berkeliling melihat langsung proses pembangunan PLTU Batang. Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas pada kontruksi saja, tapi bisa berkesinambungan pasca kontruksinya juga,” pungkasnya. (fel)

Facebook Comments