Metro Pekalongan

4 Hari Saja, Ratusan Pelanggar Lalu Lintas Ditilang

4 Hari Saja, Ratusan Pelanggar Lalin Ditilang

BARANG BUKTI – Hingga kemarin (2/11), Satlantas Polres Pekalongan Kota telah mengamankan puluhan sepeda motor sebagai barang bukti sejak Operasi Zebra Candi 2018 digelar.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Selama empat hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2018, Satlantas Polres Pekalongan Kota telah menilang kurang lebih 600 pelanggar aturan tertib berlalu lintas di wilayah Kota Pekalongan.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandy Sitepu melalui Kasatlantas AKP Firdaus Yudhatama menjelaskan, pelanggaran yang dilakukan bervariasi. Mulai dari penggunaan helm, kelengkapan kendaraan bermotor, maupun surat-surat.

“Pelanggaran yang kita temukan beragam, diantaranya tidak memakai helm, kelengkapan kendaraan yang tidak sesuai syarat teknis misalnya spion tidak dipasang, lalu sepeda motor berknalpot grung, dan sebagainya. Namun dominasi pelanggaran masih berupa surat-surat, misalnya pengendara tidak bisa menunjukkan SIM maupun STNK,” katanya, Jumat (2/11).

Kasatlantas menambahkan, sejak dimulainya Operasi Zebra pada 30 Oktober lalu, pihaknya juga telah mengamankan barang bukti berupa 50 lebih sepeda motor dan beberapa kendaraan roda empat. Itu lantaran si pengendaranya tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat kendaraan saat maupun tidak lengkapnya kelengkapan teknis yang semestinya melekat di kendaraan.

Pihaknya menilai, dengan banyaknya pelanggar yang ditindak, membuktikan kalau kesadaran para pengendara di Kota Pekalongan dalam menaati aturan tertib berlalu lintas masih kurang.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk selalu menaati aturan tertib berlalu lintas. Selalu waspada dan hati-hati saat berkendara, jangan lakukan pelanggaran. Harapannya kecelakaan lalu lintas bisa dicegah, dan kedisiplinan dalam berkendara dan menaati aturan lalu lintas meningkat,” imbuhnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat

Facebook Comments