Radar Kajen

Jaga Kearifan Lokal

Kepala Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Suwono

Kepala Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Suwono

Untuk menjaga potensi wilayah sekaligus menjaga kearifan lokal, Pemerintah Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, terus melakukan pengawasan terutama hewan yang dilindungi. Hal itu dilakukan guna menjaga kelestarian lingkungan.

“Sebagai pemegang wilayah terutama diwilayah tepi hutan, kami selalu meminta kepada masyarakat ataupun orang luar yang datang melarang melakukan perburuan hewan yang dilindungi seperti ayam alas atau burun. Dengan begitu kelestarian lingkunga tetap terjaga,” ungkap Kepala Desa Pedawang, Kecamatan Karanganyar, Suwono.

Menurutnya, dengan menjaga kelestarian lingkungan maka keseimbangan alam tetap terjaga. Sebab, apabila masyarakat tak bisa menjaga anak cucu tidak bisa menikmatinya dan akan kembali punah.
gunakan obat atau listrik,” katanya.
Selain melarang perburuan, masyarakat juga harus membiasakan membuang sampah atau mengolahnya untuk pupuk organik. Sedangkan non organik dikumpulkan untuk dijual atau didaur ulang.

“Ini sebuah pembelajaran supaya lingkungan dan masyarakat tetap sehat. Keseimbangan alam juga terjag denggan menjunjung kearifan lokal,” imbunnya. (yon)

Penulis: Triyono

Facebook Comments