Radar Batang

KPU Coret 300 Data Pemilih Ganda

Ketua KPU, Nur Tofan

Ketua KPU, Nur Tofan

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang telah menghapus ratusan data pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Pemilih tersebut akan digunakan untuk Pemilu serentak 2019, baik Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Kepastian telah dihapusnya data ganda dalam DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Batang disampaikan Ketua KPU, Nur Tofan, saat ditemui Jum’at (2/11).

Dia menjelaskan, kronologis Pembersihan data ganda pada DPT Pemilu 2019 tersebut setelah adanya rekomendasi dari Bawaslu RI kepada KPU RI terkait masih banyaknya ditemui data ganda Pada Pemilu 2019 di seluruh Indonesia.

Atas dasar rekomendasi tersebut, tambah Topan, KPU RI kemudian memerintahkan KPU Provinsi dan kabupaten/kota untuk menelisik kembali adanya data ganda dalam DPT di daerah masing-masing dengan bekerjasama dengan Bawaslu setempat.

“Jadi, potensi data pemilih ganda yang sudah kita tindaklanjuti ada sebanyak 2.198 orang. Namun jumlah itu kita bagi menjadi dua, karena nama satu orang berada di dua tempat berbeda atau lintas kabupaten/kota, sehingga berarti ada 1.099 orang,” ucapnya.

Namun, kata dia, dari jumlah 1.099 orang yang ditemukan memiliki data ganda tersebut, KPU Batang mencoret data 300 orang pemilih dari Batang dan mempertahankan data pemilih sebanyak 799 orang.

“Terjadinya data pemilih ganda ini biasanya bermula dari saat turunnya DP4. Jadi semisal saat itu yang bersangkutan masih berstatus warga Kabupaten Batang. Kemudian ketika coklit, yang bersangkutan sudah pindah. Jadi datanya masih tercantum di Kabupaten Batang juga di kabupaten/kota lainnya. Akhirnya data itu double. Namun demikian, sistem kita dapat mendeteksi, karena NIK yang bersangkutan sama,” pungkasnya. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail

Facebook Comments