Radar Pendidikan

Tumbuhkan Loyalitas Berorganisasi

Tumbuhkan Loyalitas Berorganisasi

MENDENGARKAN – Peserta Makesta tengah mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemateri, Jumat (2/11).
FAKHRUN NISA

BUARAN – Kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan jenjang pengkaderan pertama yang harus diikuti oleh calon anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Oleh karena itu, Pimpinan Ranting (PR) IPNU IPPU Pakumbulan dan Simbangwetan berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan Makesta Gabungan yang bertempat di SMP Islam Wimbangwetan pada Kamis (1/11) hingga Sabtu (3/11).

Menurut Sie Acara kegiatan, M Khasanul Fikri, Makesta diselenggarakan untuk menjadikan peserta kegiatan sebagai anggota resmi IPNU dan IPPNU. Para calon anggota tersebut diberikan bekal melalui kegiatan makesta agar mempunyai kesetiaan pada organisasi. Hal tersebut sesuai dengan tema kegiatan, yakni Menumbuhkan rasa Integritas dan Loyalitas dalam Berorganisasi Berbasis Ahlussunah Wal Jamaah.

“Karena makesta ini jenjang pengkaderan yang pertama, kami ingin calon anggota IPNU dan IPPNU mampu berorganisasi secara loyal dan secara kontinu. Selain menjadikan mereka sebagai anggota resmi, kegiatan ini juga mempersiapkan mereka menjadi calon pimpinan di ranting masing-masing,” ujarnya kepada Radar, Jumat (2/11).

Dalam kegiatan tersebut, para peserta mendapatkan beberapa materi, diantaranya Aswaja, Ke-NU-an, keorganisasian, keindonesiaan, dan anti narkoba. Makesta gabungan dilaksanakan sesuai dengan konsep dan aturan dari Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Pekalongan. Selain itu, para peserta juga melaksanakan jadwal kegiatan rutin, antara lain sholat lima waktu, pembacaan tahlil, dan fun outing untuk menjalin keakraban.

“Karena berasal dari dua ranting, peserta makesta gabungan ini kami bagi menjadi kelompok-kelompok agar saling mengenal dan akrab. Biasanya Kami menyelenggarakan makesta gabungan lima ranting dalam satu periode, tetapi kali ini kami mencoba gabungan dua ranting agar lebih akrab,” imbuh Fikri, sapaan akrabnya.

Fikri menyebutkan, Makesta Gabungan diikuti oleh 72 peserta. Hampir 80 persen peserta kegiatan tersebut adalah siswa SMP kelas VIII. Menurutnya, salah satu sasaran kegiatan makesta di wilayah Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU Buaran adalah siswa-siswi yang berada di jenjang SMP dan SMA. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa

Facebook Comments