Radar Desa

Penghujan, Warga Perbaiki Drainase

Memperbaiki Drainase

MEMPERBAIKI – Warga Dukuh Wonomulyo Desa Lolong memperbaiki saluran drainase di sepanjang jalan desa, Jumat (2/11).
FAKHRUN NISA

KARANGANYAR – Menjelang musim hujan yang diperkirakan mulai datang bulan November – Desember, warga Dukuh Wonomulyo, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, memperbaiki sistem drainase di desa. Perbaikan tersebut dilakukan secara gotong-royong oleh warga setempat dalam kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan pada Jumat (2/11).

Salah satu warga Dukuh Wonomulyo, Maulana Rifqi’i menuturkan, perbaikan drainase dilaksanakan sejak Jumat lalu (26/10). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh warga Dukuh Wonomulyo, baik tua maupun muda. Dengan peralatan sederhana yang dibawa dari rumah, warga secara bersama-sama memperbaiki drainase.

“Kalau kerja bakti biasanya rutin diselenggarakan setiap tiga minggu sekali. Tetapi karena ini ada kepentingan bersama, yaitu memperbaiki saluran drainase maka sudah dua Jumat ini diadakan kerja bakti, Jumat minggu lalu dan hari ini,” ujarnya kepada Radar, Jumat (2/11).

Rifqi, sapaan akrabnya, juga menyebutkan bahwa drainase di Dukuh Wonomulyo sudah dibuat sejak lama. Namun saluran tersebut tertimbun oleh tanah yang tergerus oleh air hujan. Dalam perbaikan ini, drainase yang dangkal kembali digali agar mempunyai kedalaman dan lebar yang sesuai.

“Dulu sudah dibuat drainase, tapi tertutup oleh tanah yang tergerus oleh air hujan sehingga terjadilah pendangkalah. Sekarang sudah mulai masuk musim hujan, takutnya saluran drainase semakin dangkal lagi, maka kami lakukan perbaikan agar ukurannya sesuai, yaitu kedalaman 60 cm dan lebar 60 cm,” lanjutnya.

Disebutkan, pengerjaan drainase dimulai dari Pertigaan Dukuh Wonomulyo hingga sepanjang jalan di dukuh tersebut. Rifqi berharap, perbaikan drainase tersebut bisa segera selesai sehingga saluran tersebut dapat mengurangi kelebihan air saat musim hujan datang.

“Semoga bisa segera selesai karena sudah mulai hujan terus. Nanti rencananya juga akan dilanjutkan oleh tukang batu agar lebih baik dan rapi hasilnya,” tandas Rifqi. (run)

Facebook Comments