Radar Kendal

Wujudkan Desa Wisata, Tambahrejo Mulai Benahi Sapras

Desa Tambah Rejo

SERIUS – Pemerintah Desa Tambahrejo, serius garap potensi desa sebagai desa wisata. Salah satunya dengan pembangunan sarana dan prasarana pendukung untuk objek wisata Curug Cliling.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Pemerintah Desa Tambahrejo, Kecamatan Pageruyung, serius menggarap potensinya menjadi desa wisata. Salah satunya dengan pembangunan sarana dan prasarana (sarpras) pendukung untuk objek wisata Curug Cliling di Desa Tambahrejo yang berada di belakang Polsek Pageyurung.

Keberadaan curug tersebut diharapkan bisa menjadi destinasi wisata, karena dekat dengan Jalan Raya Weleri-Sukorejo. Kepala Desa Tambahrejo, Arifin mengatakan, pembangunan yang dilakukan adalah jalan rabat beton sepanjang 300 meter dengan lebar bervariasi yakni empat meter dan lima meter. Sebelumnya jalan itu merupakan lahan pertanian dan ditanami jagung.

“Sudah koordinasi dengan pemilik lahan dan mereka tidak keberatan bila lahan tersebut kami bangun jalan untuk menuju Curug Cliling,” kata dia, Kamis (1/11).

Dikatakan, selain jalan masuk, pembangunan yang dilakukan yakni pengerukan lahan untuk kolam renang bagi remaja dan dewasa dengan lebar 32 meter x 17 meter dan kedalaman sekitar dua meter. Ada juga kolam renang anak-anak dengan lebar 9 meter x 15 meter dengan kedalaman kurang dari satu meter.

“Selain itu juga membangun lahan parkir untuk sepeda motor, mobil, dan bus,” terangnya.

Sekdes Tambahrejo, Muhamad Basari menjelaskan, pembangunan sebagai sarana pendukung tahap pertama tersebut menelan sekitar Rp 92 juta. Anggaran tersebut bersumber dari APBDes 2018. “Saat ini wisata tidak hanya menjadi tujuan orang kota. Masyarakat pedesaan pun membutuhkan wisata untuk sekadar rekreasi. Target kami dua tahun kedepan objek wisata sudah bisa beroperasi,” katanya (nur)

Facebook Comments