Metro Pekalongan

Mudah dan Pasti, Rujukan Online Membantu Memperlancar Pelayanan Proses Berobat Anak Saya

Dok istimewa
Narasumber : Sulistia

Pekalongan – Sebagai Badan Hukum Publik yang menjamin pelayanan kesehatan terhadap penduduk Indonesia, adalah menjadi suatu kewajiban bagi BPJS Kesehatan untuk terus menerus melakukan improvement dalam memberikan pelayanan untuk kepuasan pesertanya. Berbagai inovasi dilakukan, dan yang terbaru adalah Sistem Rujukan Online.

Sistem ini didesain sedemikian rupa untuk memberi kemudahan pelayanan dan administratif bagi peserta maupun faskes. Akan tetapi sistem ini akan berjalan dengan sukses, tanpa bantuan dan dukungan dari peserta dan faskes itu sendiri, tugas dari BPJS Kesehatan adalah mensosialisasikan pemahaman sistem ini kepada faskes maupun kepada peserta. Peserta dan faskes adalah aktor yang menjalankan sistem rujukan online ini, terutama faskes yang harus menjelaskan secara extra pemahaman mekanisme sistem ini kepada peserta.

Dengan intensitas pemahaman dan ]edukasi yang tepat, diharapkan peserta bisa beradaptasi dengan sistem rujukan online ini. Banyak peserta sudah memahami sistem ini, salah satunya adalah peserta JKN-KIS, Sulistia, ibu satu anak ini merasakan manfaatnya rujukan online ini, ia menuturkan bahwa selama pengobatan anaknya yang mengalami kelainan jantung, sangat mudah untuk mengetahui rumah sakit mana yang mempunyai fasilitas medis dan kemampuan untuk pengobatan kelainan jantung anaknya yang benama Rinanti Gresifana. Dari rumah sakit type B RSUD Kraton Pekalongan, ke rumah sakit Dr. Karyadi Semarang sampai dengan di rujuk ke rumah sakit jantung Harapan Kita Jakarta sudah dijalankan.

Sulistia menuturkan bahwa dengan sistem rujukan online ia tidak perlu mengantri lama, berurusan dengan berkas-berkas, bahkan cukup dengan hanya menunjukan kartunya saja sudah bisa dilayani. “Sudah tidak perlu foto copy berkas lagi,” tambah Sulistia.

Sistem Rujukan online di desain sedemikian rupa untuk kemudahan, kepraktisan, dan kepastian bagi pengguna pelayanan kesehatan Program JKN-KIS. Sosialisasi secara kontinuitas dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan, kepada para Stakeholder, Faskes, Peserta maupun insan Duta BPJS Kesehatan untuk kesuksesan pelaksanaan sistem Rujukan online. (rls)

Facebook Comments