Radar Kajen

Aturan Baru, Meskipun Drow Pilkades Tetap Satu Putaran

Aturan Baru, Meskipun Drow Pilkades Tetap Satu Putaran

MENGAMBIL – Calon Kades di Desa Pegandon Kecamatan Karangdadap mengambil nomor urut untuk pelaksanaan Pilkades, Kamis (1/11).
FAKHRUN NISA

KARANGDADAP – Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Pegandon Kecamatan Karangdadap pada 21 November mendatang, warga masyarakat diminta kondusif dan menjaga suasana tetap tertib dan aman. Himbauan tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Pegandon, Rizqon, saat acara Penetapan Calon Kepala Desa, Nomor Urut, dan Penyampaian Visi dan Misi pada Kamis (1/11) di balai desa.

“Hari ini masuk tahapan penetapan bakal calon menjadi calon kepala desa, pengambilan nomor urut, dan penyampaian visi misi. Ada tiga agenda dalam satu kegiatan. Kami minta bantuan dari masyarakat Desa Pegandon untuk selalu menjaga ketertiban di dalam pelaksanaan pemungutan suara demi ketenteraman bersama,” ujarnya.

Rizqon mengungkapkan bahwa Pilkades Serentak 2018 menggunakan aturan baru, yakni hanya satu putaran dan tidak ada Pilkades ulang meskipun hasil suara draw. Oleh karena itu, Rizqon meminta seluruh elemen masyarakat Desa Pegandon untuk menghormati hasil Pilkades nanti.

“Kali ini kita menghadapi pilkades dengan sistem baru. Setiap RW akan mendapatkan satu kotak suara. Pilkades hanya dilaksanakan satu putaran dan tidak ada pilkades ulang walapun jumlah suara sama. Nanti akan dihitung berdasarkan persebarannya di tiap RW. Kami mohon masyarakat menyikapinya dengan damai,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Karangdadap, Elyas Setiyono, ketika menyampaikan sambutan atas nama Tim Pengawas Kecamatan. Ia menghimbau seluruh masyarakat tetap mendukung siapapun yang menjadi Kepala Desa Pegandon nanti karena itu merupakan hasil dari demokrasi.


Kami harap kegiatan berjalan dengan lancar dan itu memerlukan komitmen dari masyarakat. Kita bersama-sama menjaga situasi yang kondusif. Satu hal yang penting, bagaimana kita menjaga kondusifitas desa ini.
Siapapun yang menjadi kades harus kita dukung, itu harus kita hormati bersama karena merupakan rangkaian proses demokrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Desa Pegandon memiliki tiga calon kepala desa yang telah ditetapkan. Ketiga Calon Kepala Desa tersebut adalah Muhammad Nasrullah dengan calon urut 1, Casroni dengan nomor urut 2, dan Khabibah dengan nomor urut 3. Setelah pengambilan nomor urut, setiap calon menyampaikan visi dan misinya secara langsung di hadapan masyarakat Desa Pegandon yang telah memadati balai desa. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA

Facebook Comments