Radar Batang

Pengelola Perpusdes Diharap Melek TIK

Pengelola Perpusdes Diharap Melek TIK

PELATIHAN – Perwakilan lima Perpusdes se Kabupaten Batang saat mengikuti Pelatihan Strategis Pengembangan Perpustakaan bagi Pengelola Perpusdes di Aula PMI Batang, Kamis (1/11).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) semakin berkembang. Manusia pun harus menyesuaikan kemampuan untuk menguasai hal tersebut. Tak terkecuali pula pengelola perpustakaan desa (Perpusdes). Di zaman modern ini perpustakaan tak melulu soal buku-buku, tapi juga terhubung dalam jaringan internet dan menyesuaikan dengan kemajuan TIK.

Oleh karenanya Disperpuska mengajak pengelola Perpusdes agar melek TIK. Sehingga dapat mengelola perpustakaan sesuai dengan kebutuhan zaman. Salah satunya dengan menggelar Pelatihan Strategis Pengembangan Perpustakaan bagi Pengelola Perpusdes di Aula PMI Batang, Kamis (1/11).

“Di era global ini tentunya perpustakaan sudah harus semakin maju dan menyesuaikan zaman. Tidak hanya berkutat pada buku-buku saja. Tapi sudah merambah ke digitalisasi dan juga TIK. Oleh karenanya kami ajak para pengelola Perpusdes untuk dilatih. Agar bisa menyesuaikan diri dan dapat mengelola perpustakaan sesuai dengan kebutuhan zaman,” terang Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah didampingi salah satu staf, Sudadi saat diwawancarai usai kegiatan.

Dijelaskan, pelatihan ini digelar selama empat hari, dimulai dari 1-4 November mendatang. Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan lima Perpusdes yang ada di Batang. Yakni Perpustakaan Desa Bawang Kecamatan Bawang, Perpustakaan Desa Candirejo Kecamatan Bawang, Perpustakaan Desa Rejosari Timur Kecamatan Tersono,
Perpustakaan Desa Keteleng Kecamatan Blado, serta Perpustakaan Desa Kemligi Kecamatan Wonotunggal.

Sekda Batang, Nasikhin yang membuka acara ini turut mengapresiasi semangat pengelola Perpusdes. Menurutnya menjadi pengelola Perpusdes berarti juga turut berperan dalam mencerdaskan bangsa. Khususnya masyarakat sekitar perpustakaan. Pasalnya banyak ilmu-ilmu baru yang tersaji di Perpusdes dan pengelola perpusdes turut membantu melayani masyarakat untuk mengakses ilmu tersebut.

Selain itu ia juga berharap Perpusdes semakin berinovasi. Sehingga minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan semakin apik dan dapat meningkatkan literasi di Batang.

“Kami harap Perpusdes agar semakin inovatif. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Misalnya dengan adanya penambahan fasilitas kafe dan lainnya. Sehingga masyarakat bisa membaca buku sembari ngopi atau menyantap kudapan. Atau bisa juga dengan inovasi lainnya. Saya yakin dengan adanya inovasi makin dapat meningkatkan semangat literasi masyarakat Batang,” tandasnya. (nov)

PENULIS: NOVIA ROCHMAWATI

Facebook Comments