Metro Pekalongan

Relokasi Lapas dari Pekalongan ke Kajen Tunggu Kesiapan

KOTA PEKALONGAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Pekalongan yang berlokasi di Jalan WR Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Itara, Kota Pekalongan selama ini menjadi langganan tergenang banjir rob. Hal tersebut tentu selalu menjadi masalah dan kendala dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Lapas Pekalongan, secara khusus terkait pembinaan dan perawatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Maka muncul rencana dari Kementerian Hukum dan HAM untuk merelokasi Lapas Pekalongan ke lokasi lain yang lebih aman dan nyaman. Relokasi inipun sudah hampir pasti akan dilakukan. Adapun lahan yang akan dipakai untuk bangunan Lapas Pekalongan yang baru rencananya berlokasi di Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Menurut Kepala Lapas Pekalongan Agus Heryanto, relokasi Lapas Pekalongan saat ini masih menunggu kesiapan lahan yang akan disediakan oleh Pemkab Pekalongan. “Untuk lahan disiapkan Bupati Pekalongan. Untuk sarpras dan pembangunannya dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham. Kalau bisa secepatnya, kita sedang menunggu kepastiannya. Kalau lahannya sudah siap akan segera dibangun. Mungkin 2019 mendatang sudah bisa action. Sedangkan saat ini masih proses pemantauan (survei) calon lahannya,” kata Agus Heryanto, usai upacara peringatan Hari Dharma Karyadika di Lapas Pekalongan, beberapa waktu lalu.

Agus menuturkan sementara ini upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang menimpa Lapas Pekalongan adalah untuk jangka pendek dalam rangka optimalisasi. Misalnya memperbaiki tembok lapas yang roboh akibat banjir rob. Selain itu meninggikan lantai lapas, maupun membangun tanggul-tanggul di belakang lapas untuk meminimalisir dampak banjir rob. “Sedangkan untuk jangka panjangnya adalah relokasi Lapas Pekalongan ke lokasi baru,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Dewa Putu Gede bersama jajarannya dan Kepala UPT Kemenkumham se-Eks Karesidenan Pekalongan juga sudah beraudiensi dengan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. Materi yang dibahas salah satunya adalah rencana relokasi Lapas Pekalongan ke wilayah Kabupaten Pekalongan.

Sebagaimana telah disampaikan Kanwil Kemenkumham melalui laman resminya, bahwa Pemerintah Kabupaten Pekalongan telah melakukan beberapa kali survey untuk mendapatkan lokasi yang potensial dilihat dari berbagai aspek untuk relokasi Lapas Pekalongan.

Dari lima kali survey yang telah dilakukan, Pemkab Pekalongan telah menemukan lokasi tanah yang cukup potensial. Lokasi tanah tersebut berada di Desa Kalijoyo, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan dengan luas tanah sekitar 7 hektar.

Disampaikan juga Pemkab telah mencoba menempatkan anggaran untuk pembelian tanah tersebut dalam APBD Kabupaten Pekalongan TA 2019 dan untuk selanjutnya tanah tersebut akan dihibahkan untuk relokasi Lapas Pekalongan. Asip Kholbihi bahkan menawarkan dan akan mendukung Kanwil Kemenkumham Jateng bila ingin membangun Balai Diklat. (way)

PENULIS: WAHYU HIDAYAT

Facebook Comments