Radar Pendidikan

Pentingnya Penerapan Program In-On-In

Pentingnya Penerapan Program In-On-In

SOSIALISASI – Kegiatan sosialisasi PKB in on in yang diikuti oleh para guru PAUD, Rabu (31/10).
EKA ISDITYA

TIRTO – Para perwakilan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Pekalongan menggelar pertemuan dalam rangka sosialisasi dan pembahasan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) In-On-In. Kegiatan dilangsungkan di gedung TK Muslimat NU Sidorejo, Tirto.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka peningkatan mutu SDM di lingkungan pendidikan khususnya di Kabupaten Pekalongan.

Seorang peserta sosialisasi sekaligus Kepala TK Muslimat NU Tanjung, Endang Puji Hartati SPd AUD, mengungkap kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memberikan pengetahuan kepada para guru PAUD. “Untuk pesertanya adalah perwakilan guru TK di Kecamatan Tirto,” ujar perempuan yang juga pernah menjabat sebagai IGTKI Kecamatan Tirto ini.

Mendukung tujuan pemerintah meningkatkan mutu pendidikan dengan berpatokan pada Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 16 tahun 2015 tentang organisasi dan Tata Kerja Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, maka banyak pembenahan yang harus diperhatikan khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Melalui kegiatan In-On-In, diharapkan agar para guru PAUD juga dapat lebih aktif dan terus menggali pengetahuan dan informasi melalui pelatihan maupun diskusi-diskusi kelompok. Salah satunya yakni keterlibatan dalam KKG Gugus maupun KKG Kecamatan. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para perwakilan guru nampak antusias dan bersemangat untuk dapat melaksanakan program In-On-In tersebut. (yak)

PENULIS: EKA ISDITYA

Facebook Comments