Radar Pendidikan

Karya Tanpa Batas, Wadah Eksplorasi Kreatifitas Siswa

SMAN 4 Pekalongan

TAMPIL – Penampilan siswa-siswi SMAN 4 Pekalongan dalam memerankan drama Aladin.
MALEKHA

KURIPAN – Dalam rangka pengambilan nilai ujian seni, Bahasa Indonesia serta kewirausahaan bagi siswa-siswinya, SMAN 4 Pekalongan menggelar karya tanpa batas sebagai wadah eksplorasi kreatifitas siswa dalam bidang tersebut di halaman sekolah, Kamis (2/11).

Kemeriahan nampak terasa, karena seluruh siswa terlibat didalamnya. Bahkan mereka mempersiapkan sendiri bermacam keperluan teknis sendiri.

Ketua Pelaksana, Nefi Kristianawati, menuturkan bahwa kegiatan tiap tahun ini menjadi sebuah kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh siswa. Meskipun sebenarnya mereka mempersiapkan penampilan secara mandiri baik konsep maupun hal-hal teknis lain seperti make up, kostum dan lain sebagainya.

“Semua kelas terlibat dalam kegiatan ini, termasuk dalam penilaian semuanya. Untuk kelas 12 kita ambil nilai Bahasa Indonesia dan seni, kelas 11 ambil nilai tari, sedangkan kelas 10 untuk nilai prakarya dan kewirausahaan,” terangnya.

Selain pengambilan nilai ujian, Nefi juga menekankan penanaman karakter dalam proses pendidikannya secara tidak langsung, mengasah kreativitas, kemandirian, kerjasama dan karakter positif lain yang menempel padanya.

“Maka dari itu, penilaian pun kita tidak semata-mata langsung dari hasil, maka kita nilai juga prosesnya, kekompakkan, bagaimana mereka menyusun naskah hingga sampai menjadi suguhan yang menarik, dan lain sebagainya,” imbuh Nefi.

Ia berharap, kegiatan ini mampu membangkitkan kreativitas para siswa, menemukan bakat-bakat terpendam yang belum di bina serta mampu membuat SMAN 4 Pekalongan lebih kompak. (mal)

Facebook Comments