Nasional

Dari 200 Peserta Tes CPNS, Hanya 1 Lulus TWK

Banyak peserta tes CPNS 2018 di Pemprov Sulut tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK). Hal ini terungkap dari hasil pantauan Gubernur Sulut Olly Dondokambey (OD) di Kantor BKN Regional XI Manado, saat pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD), Rabu (31/10).

Menurut OD, dari 200 peserta tahap pertama saja, hanya satu peserta yang mencapai passing grade TWK.

“Ini kita sayangkan. Para peserta hanya satu orang saja yang mencapai passing grade. Padahal wawasan kebangsaan ini sangat penting. Sangat bahaya jika CPNS kita tidak menguasai wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BKD Sulut Femmy Suluh mengatakan, tes SKD yang diikuti seluruh peserta memiliki tiga bobot penilaian penting. Karena itu, dia meminta semua peserta menguasai masing-masing tes yang masuk SKD.

“Jadi yang pertama itu adalah penilaian dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes kepribadian. Ini penilaian yang sangat penting. Karena itu, kita jika ingin lolos, maka tiga penilaian ini harus bisa dikuasai,” sebutnya.

Setiap item penilaian, menurut Suluh, memiliki standar nilai. Peserta yang tidak mencapai standar nilai, maka akan dinyatakan tidak lolos. Untuk wawasan kebangsaan bobotnya 75, kepribadian 143, dan intelegensi umum 80.

Dia juga menerangkan, setelah lolos dari tes SKD dan memenuhi passing grade, para peserta akan menghadapi tes seleksi kompetensi bidang. “Tes ini juga menjadi penentu kelulusan menjadi CPNS,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional XI BKN Manado Wakiran mengatakan, tes CPNS Pemprov Sulut yang diikuti sebanyak 2.589 peserta hanya akan memperebutkan 417 formasi. Tes tersebut juga, dikatakan Wakiran, berlangsung transparan.

“Jadi pelaksanaan ini kita sudah atur sedemikian rupa agar berjalan lancar. Dan tentu tetap menjaga transparansi,” ucapnya. (MP/jpnn)

Facebook Comments