Radar Pendidikan

Evoting, Inovasi Pembelajaran Demokrasi Siswa

Evoting, Inovasi Pembelajaran Demokrasi Siswa

AKTIVITAS – Kepala SMP Islam Pekalongan beserta dewan guru sedang melakukan proses evoting di halaman sekolah.
MALEKHA

KOTA – Evoting menjadi salah satu inovasi pembelajaran terbaru dalam pemilihan ketua osis, sehingga memudahkan siswa untuk belajar demokrasi sesungguhnya di lingkungan sekolah.

Demikian disampaikan Waka Kesiswaan SMP Islam Pekalongan, Baniyati, kepada Radar Pekalongan, Rabu (31/10).

“Tahun ini perdana kami melakukan pilketos menggunakan evoting, ada banyak edukasi yang diharapkan disini. Mulai dari penghematan kertas, waktu serta edukasi penggunaan teknologi,” ucapnya.

Selain itu, pulketos menjadi salah satu sarana pembelajaran bagi siswa tentang makna demokrasi sejak dini. Sehingga para siswa mempunyai bekal untuk menuju demokrasi yang sesungguhnua pasca sekolah.

“Pilketos ini adalah memilih ketua osis yang baru, dan kami sengaja desain pemilihan ini layaknua seperti pemilihan ukun, agar anak-anak tahu bagaimana berdemokrasi,” imbuh Bani, sapaan akrabnya.

Menjalankan demokrasi sehat menjadi titik point goal setting yang diharapkan tercapai oleh pihak sekolah, karena mengenalkan demokradi sejak dini sangat penting demi menjaga kepamahaman anak-anak kedepan.

“Karakter sehat menjadi proyek terbesar kami, tidak hanya sekedar pesta demokrasi saja selesai tapi bagaimana mereka menjalankan demokrasi dengan jujur dan melewati setiawan fase pemilihan dengan sehat,” pungkas Bani. (mal)

PENULIS: MALEKHA

Facebook Comments