Radar Kajen

Awas, Penyakit Tidak Menular Serang Usia Muda

Awas, Penyakit Tidak Menular Serang Usia Muda

SENAM – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan bersama Muspika Kecamatan Karanganyar dan perwakilan organisasi serta SKPD saat mengikuti senam Pergerakan Masyarakat di Kantor PPNI.
TRIYONO

KAJEN – Sejak tahun 2010, penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung dan kecing manis. Penyakit Tidak Menular (PTM) saat ini dapat menyerang bukan hanya usia tua, akantetapi telah bergeser ke usia muda. Penyakit tersebut menyerang dari masyarakat Kota hingga desa.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan terus mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat. Sosialisasi budaya hidup sehat kali ini diikuti oleh 160 peserta dari perwakilan Kecamatan Karanganyar. Dengan begitu, peserta akan bisa menerapkan di lingkungan masing masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro, menyatakan kegiatan bertujuan untuk mensosialisasikam gerakan masyarakat sehat. Sehingga peserta mampu menyampaikan kepada masyarakat tentang hidup sehat.

“Diharapkan melalui kegiatan ini gerakan masyarakat sehat dapat tercapai. Kemudian menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupum kecatatan,” terangnya.

Selain itu, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit. Kemudian juga menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk.
Sementara dalam kesempatan itu, selain diisi seminar dengan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Pekalongan diisi pula senam bersama. Dengan begitu, peserta dapat mempraktekan dan mengajak masyarakat lingkungan sekitar untuk menerapkan budaya hidup sehat. (Yon)

PENULIS: TRIYONO

Facebook Comments