Radar Pendidikan

720 Anak Semarakan Lomba LKPK Tingkat Kabupaten

720 Anak Semarakan Lomba LKPK Tingkat Kabupaten

MENGIKUTI – Siswa SD se Kabupaten Pekalongan mengikuti Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter, Rabu (31/10).
FAKHRUN NISA

KAJEN – Lomba Kreativitas dan Pembentukan Karakter (LKPK) Siswa SD Tingkat Kabupaten Pekalongan, yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan berlangsung meriah. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu (31/10) di enam tempat yang berbeda, yakni di SDN 06 Kajen, SDN 02 Pekiringan Alit, Aula Sanggar Pramuka, Aula Korwil, Terminal Kajen, dan Koramil.

Koordinator Kegiatan Lomba, Amat Masrur, menuturkan peserta LKPK mencapai 720 anak yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Selain itu, kemeriahan juga meningkat karena jumlah lomba yang bertambah. Pada tahun sebelumnya, lomba yang diselenggarakan hanya berjumlah sembilan, sedangkan tahun ini jumlah lomba yang digelar adalah sepuluh dengan tambahan Lomba Cerdas Cermat Pendidikan Agama Islam (LCC PAI).

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan. Pelaksanaan lomba tahun ini bagus dan meriah. Seluruh korwil mengirimkan delegasinya dalam sepuluh cabang lomba, diantaranya berbagi cerita, dikte, mencongak, membentuk dan melipat, menyanyikan lagu tiga stanza, hafalan surat-surat pendek, LCC PAI, dan PBB,” ujarnya kepada Radar, Rabu (31/10).

Menurut Masrur, sapaan akrabnya, LKPK bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas 1-3 untuk menjadi generasi yang berprestasi dan berkarakter. Kegiatan tersebut memberikan pengalaman yang luar biasa bagi anak sehingga dapat membetuk karakter, pengetahuan, dan keterampilan mereka.

“Seperti tema dalam kegiatan ini, Mewujudkan Generasi yang Berprestasi dan Berkarakter Melalui Pendidikan yang Bermutu dan Menyenangkan, jadi jadi kegiatan hari ini didesain dengan unsur menyenangkan, karena memang dunia anak masih dunia bermain,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Pekalongan, Karmidi menyebutkan bahwa kegiatan LKPK sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat, yaitu penguatan pendidikan karakter. Pada saat bersamaa, Karmidi juga mengumpulkan seluruh Ketua K3S dari setiap kecamatan untuk berkumpul dan menjalin komunikasi, serta mendapatkan arahan dari Kabid Dikdas Dindikbud.

“Alhamdulillah acara dapat berjalan dengan tertib dan lancar dan bisa dihadiri oleh pejabat-pejabat dari Dindikbuda, dan dibuka langsung oleh Ibu Kadin. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Ibu Kadin tadi, bahwa diharapkan ke depan siswa-siwi kita mempunyai akhlakul karimah, karakter yang baik. Dan kegiatan ini sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat yaitu penguatan pendidikan karakter,” tandasnya. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA

Facebook Comments