Metro Pekalongan

Banyak Pemotor Tak Berhelm di Daerah Buaran Kena Tilang

Razia Buaran

MEMERIKSA – Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan surat-surat berkendara, dalam razia yang digelar di depan Mapolsek Buaran dalam rangka Operasi Zebra Candi 2018, kemarin (31/10).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Kesadaran para pengendara sepeda motor di daerah Buaran dan sekitarnya untuk mengenakan helm saat berkendara dinilai masih rendah. Hal inilah yang menjadi perhatian serius petugas kepolisian. Jajaran Satlantas Polres Pekalongan Kota pun mengintensifkan operasi di wilayah tersebut.

Sebagaimana yang dilakukan pada Rabu (31/10) pagi, Satlantas menggelar razia kendaraan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2018 bertempat di Jalan Raya Urip Sumoharjo, tepatnya di depan Mapolsek Buaran.

Dari razia tersebut, petugas menilang 128 pengendara. Puluhan diantara yang kena tilang adalah pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm.

“Pada operasi pagi hari ini kita menindak 128 pelanggar, baik pelanggaran surat-surat, penggunaan helm, maupun uji kendaraan barang. Barang bukti yang kita amankan berupa 96 surat-surat, baik SIM maupun STNK, serta 27 kendaraan. Pelanggarannya beragam,” ungkap Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Firdaus Yudhatama melalui KBO Lantas Iptu Eko Yuli, kemarin.

“Yang tidak pakai helm juga cukup banyak. Di daerah Buaran ini memang cukup unik. Pelanggaran tidak pakai helm di daerah sini cukup tinggi,” imbuhnya.

Pihaknya menyampaikan ke depannya akan semakin mengintesifkan operasi di daerah Buaran dan sekitarnya guna meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan pengendara dalam mematuhi aturan tertib berlalu lintas.

Eko Yuli menambahkan, selama dua hari pelaksanaan Operasi Zebra, sudah ada ratusan pelanggar yang ditindak. “Selasa sore kemarin di hari pertama Operasi Zebra kita adakan razia di Jalan Hayamuruk menindak kurang lebih 80 pelanggar,” tuturnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada setiap kali berkendara. “Jangan lupa untuk selalu melengkapi surat-surat dan kelengkapan perorangan seperti helm maupun kelengakapan yang melekat di kendaraan,” imbaunya.

Operasi Zebra ini digelar mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018. Operasi ini dalam rangka penegakan hukum dalam berlalu lintas serta guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang tertib dan lancar menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Adapun sasaran prioritas penindakan dalam operasi ini adalah tujuh pelanggaran, yaitu mengemudi menggunakan handphone, lawan arus, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan yang berboncengan tidak menggunakan helm SNI, mengemudi dalam pengaruh narkoba dan minuman beralkohol, melanggar batas kecepatan maksimal, serta tidak menggunakan sabuk pengaman. (way)

Facebook Comments