Kesehatan

8 Cara Ampuh Mengurangi Nafsu Makan Anda

Cara Ampuh Mengurangi Nafsu Makan Anda (Dragon-Images/Shutterstock)

Tak terasa tahun ini hanya menyisakan dua bulan lagi. Resolusi untuk menurunkan berat badan pun tak kunjung berhasil, karena Anda selalu menunda usaha tersebut. Padahal, niat untuk menurunkan berat badan sudah diusung sejak tahun-tahun sebelumnya. Memang, menurunkan berat badan ke rentang normal bukanlah perkara mudah. Sering kali karena nafsu makan tak terkontrol, Anda jadi menyantap makanan lebih banyak dari yang semestinya.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sepertinya mengendalikan nafsu makan  adalah salah satu cara yang jitu. Berikut di bawah ini adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nafsu makan Anda.

1. Tambahkan rasa pedas pada makanan

Dilansir dari Reader’s Digest, Dr. Josh Axe mengatakan bahwa senyawa aktif capsaicin dalam makanan pedas (semua jenis cabai kecuali paprika) bertindak sebagai penekan nafsu makan alami.

Tak hanya itu, capsaicin juga bisa meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Jadi, jika Anda menambahkan potongan cabai rawit atau bahan pedas lainnya pada makanan, hal itu bisa memperlambat proses makan Anda.

2. Menghirup aroma peppermint

Sebuah penelitian yang dilansir dari Reader’s Digest menemukan, ketika orang mencium aroma peppermint setiap dua jam selama selama lima hari, kalori mingguan mereka berkurang hingga 1.800 kalori. Dan, rasa lapar mereka pun lebih terkontrol ketimbang orang yang tidak mencium aroma peppermint sama sekali. Jadi sebaiknya, nyalakan lilin aromaterapi, kunyah atau hirup teh beraroma peppermint untuk menekan nafsu makan Anda.

3. Tambahkan biji chia sebagai pelengkap makanan

Biji chia kaya akan kandungan serat. Oleh sebab itu, biji chia dapat menjadi penekan nafsu makan yang besar karena “mengembang” sembilan kali lipat dalam perut. Karenanya, Anda akan merasa kenyang berjam-jam lamanya.

Untuk itu, taburkan biji chia pada oatmeal, yoghurt, smoothies, ataupun olahan kue supaya bisa menekan nafsu makan.

4. Makan satu apel tiap hari

Selain baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, apel juga bisa mengendalikan nafsu makan. Sebab, kombinasi pektin, serat larut dan kadar air yang tinggi pada apel bisa mengenyangkan Anda dalam waktu yang relatif lama.

5. Minum dua gelas air sebelum makan

Apabila sebelum makan sudah mengisi perut terlebih dulu dengan air, Anda akan merasa kenyang dan cenderung makan lebih sedikit. Supaya rasanya tidak hambar atau monoton, Anda bisa memberikan irisan buah lemon, jeruk, atau mentimun ke dalam air minum tersebut.

6. Minum teh hijau

Jika sebelumnya Anda hanya mengonsumsi teh hitam biasa, sebaiknya ganti dengan teh hijau mulai sekarang. Pasalnya, kandungan senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam ekstrak teh hijau mampu memengaruhi hormon norepinefrin dan dopamin. Pada akhirnya, nafsu makan Anda akan sedikit berkurang.

7. Mengelola stres

Saat Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Menurut seorang ahli nutrisi dari New York, Amerika Serikat, Keri Glassman, MS., kortisol yang menumpuk bisa menyebabkan akumulasi lemak perut serta masalah kesehatan lainnya. Selain itu, selama masa stres, seseorang biasanya akan mendambakan makanan atau minuman yang kadar gulanya tinggi.

Untuk itu, saat Anda merasa tertekan atau stres, lakukanlah meditasi sejenak dengan cara menutup mata dan menenangkan pikiran. Anda juga sebaiknya mengatur pola napas panjang hingga beberapa menit, supaya tubuh lebih relaks dan tidak “menagih” untuk diberikan asupan yang tidak diperlukan.

8. Olahraga sebelum makan malam

Bekerja seharian bisa membuat Anda kelaparan saat tiba di rumah malam hari. Jadi sebaiknya, lakukan olahraga selama 30 menit sebelum Anda makan. Itu karena olahraga bisa menekan acylated ghrelin (hormon kelaparan) sembari meningkatkan kadar hormon yang bertindak sebagai penekan nafsu makan.

Lakukan delapan tips di atas dengan saksama, agar Anda bisa mengendalikan nafsu makan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, jauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat. Dengan itu semua, tubuh langsing dan punya berat badan ideal bukan sekadar mimpi belaka. (klikdokter)

Facebook Comments