Radar Kajen

Pintu Bendung Gembiro Dibuka Cuma Sehari

Bendungan Gembiro

DIBUKA – Hari ini, Pintu Bendungan Gembiro akan kembali dibuka. Namun pembukaan Pintu Bendungan akan kembali ditutup Jumat (2/11).

Masyarakat Diminta Hati-hati Cari Ikan

Hari ini, Kamis (1/11), pintu Bendungan Gembiro terletak di perbatasan Desa Krandon, Kecamatan Kesesi – Desa Bukur, Kecamatan Bojong, akan dibuka. Pintu Bendung Gembiro akan kembali ditutup Jumat (2/11).

Agenda tahunan bedah pintu gembiro yang merupakan peninggalan Belanda dengan dibangun pada tahun 1930 itu adalah salah satu penunjang suplai air untuk pertanian di wilayah Kecamatan Kesesi dan sekitarnya. Dalam bedah bendungan Gembiro biasanya dijadikan sebagai ajang untuk mencari ikan di sepanjang Sungai Gembiro baik di hulu maupun di hilir.

Bukaan Bendungan Gembiro selain untuk menguras lumpur yang ada di Sungai, juga untuk mengetahui kondisi bangunan dasar Bendungan.

Kabid PSDA pada DPU Taru Kabupaten Pekalongan, Edi Setiawan, ketika dikonfirmasi, Rabu (31/10) membenarkan. Menurutnya, pembukaan Pintu Bendungan Gembiro dilaksanakan Kamis (1/11). Pembukaan direncanakan langsung oleh Bupati Pekalongan KH Asip Kholbihi dihadiri Muspida, OPD.

“Kamis 1 November, Pintu Bendungan Gembiro akan dibuka, kemudian akan kembali ditutup pada Jumat 2 November 2018. Jadi Pintu Bendungan akan dibuka hanya sehari,” terangnya.

Terpisah, Kasubbag Humas Polres Pekalongan, Iptu Akrom, mengimbau kepada masyarakat agar saat mencari ikan berhati-hati. Sebab saat bukaan Pintu Bendungan Gembiro, air baik di hulu atau hilir akan deras.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang ikut mencari ikan untuk selalu hati hati, karena selain air deras juga banyak lumpur yang cukup membahayakan,” imbaunya.

Sementara bagi masyarakat yang akan mencari ikan dengan membawa kendaraan sepeda motor agar ketika memarkir kendaraan tidak sembarangan. parkirlah sepeda motor yang tidak jauh dari pantauan, kemudian untuk lebih nyaman apabila ada petugas parkir untuk dititipkan saja. Dengan begitu dapat mengantisipasi hal hal yang tak diinginkan. (yon)

Facebook Comments