Metro Pekalongan

PBN Ramai Dikunjungi Wisatawan

PBN Ramai Dikunjungi Wisatawan

PAMERAN – Pekan Batik Nusantara 2018 di Kawasan Jetayu, Senin (22/10).
LAILATUL MAFIYAH

KOTA PEKALONGAN – Serangkaian acara Pekan Batik Nusantara (PBN) 2018 antusias dikunjungi wisatawan. berganti orang keluar masuk pameran.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE, menyampaikan Pemerintah Kota Pekalongan menargetkan transaksi Rp7 miliar pada PBN 2018 ini. “Pemkot menargetkan transaksi Rp7 miliar melihat tahun 2017 berhasil mencapai Rp6,2 miliar,” tuturnya.

Disebutkan, Pekan Batik Nusantara bertujuan mempromosikan dan meningkatkan pemasaran batik kepada dunia internasional, memperkenalkan dan mempromosikan Kota Pekalongan sebagai pusat destinasi wisata batik dunia dengan demikian akan meningkatkan pula kunjungan wistawan baik lokal maupun luar negeri. Dan yang lebih utama adalah mempertemukan pelaku usaha batik dengan para buyer nasional, internasional, mitra usaha, dan stakeholder.

“Batik sebagai sarana untuk membangun dukungan dan komitmen masyarakat bahwa batik merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan, serta mengembangkan industri batik melalui kreatifitas dan inovasi batik,” jelas Saelany.

Ketua Penyelenggara PBN 2018, Sri Ruminingsih menyampaikan bahwa Pelaksanaan Pekan Batik Nusantara tahun ini diikuti 129 stand terdiri atas stand kementerian, provinsi/kabupaten/kota luar jawa, Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan, dan BUMN/BUMD, perbankan, serta UKM batik Kota Pekalongan menargetkan jumlah pengunjung 100 ribu orang.

“Kita optimis dengan berbagai rangkaian kegiatan yang ada kita bisa mencapai 100 ribu pengunjung. Hal ini berdasarkan hasil pelaksanaan Pekan Batik tahun 2017 lalu yang dikunjungi oleh 91.243 orang,” katanya. (lai)

Penulis: Lailatul Mafiyah

Facebook Comments