Metro Pekalongan

Anggota Kodim Pekalongan Disuntik Vaksin, Tujuannya Ini

Anggota Kodim Pekalongan Disuntik Vaksin, Tujuannya Ini

VAKSIN – Anggota Kodim 0710/Pekalongan menjalani pemeriksaan kesehatan dan disuntik vaksin agar terhindar dari virus Hepatitis B.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Dalam rangka pencegahan penularan virus Hepatitis B, Kodim 0710/Pekalongan melaksanakan cek darah dan penyuntikan vaksin kepada seluruh anggotanya di aula makodim setempat, Senin (22/10).

Pemberian vaksin Hepatitis B ini merupakan program kesehatan TNI Angkatan Darat yang bertujuan agar para prajurit maupun PNS terhindar dari penyakit Hepatitis B. Pemberian vaksin juga berguna bagi kesehatan anggota dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vaksin ini sangat penting untuk prajurit memelihara kesehatan, karena tugas TNI tidak ringan.

Pelda Nuralim selaku Kepala Klinik Pratama Kartika 10 Pekalongan mengatakan, dengan semakin beratnya tugas para prajurit, diharapkan semua prajurit dan PNS TNI AD rutin memeriksakan kesehatannya secara berkala sesuai dengan program yang telah ditentukan. Untuk sekarang tahap satu, selanjutnya tahap kedua bulan November 2018 dan tahap ketiga bulan April 2019.

“Harapannya dengan melaksanakan suntik vaksin ini, semua prajurit dan PNS TNI AD kedepan bisa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” ucap Pelda Nuralim.

Penyakit Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, pendertia hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati.

Hepatitis B sulit dikenali karena gejala-gejalanya tidak langsung terasa dan bahkan ada yang sama sekali tidak muncul. Karena itulah, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat

Facebook Comments