Nasional

Usai Lolos Administrasi, Pelamar CPNS Bersiap Tes SKD Mulai 26 Oktober

Ilustrasi: Calon Pegawai Negeri ISipil (Dok. JawaPos.com)

Proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 akan memasuki tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Kegiatan tersebut tentunya hanya dilakukan oleh para pelamar yang berhasil lolos dari seleksi administrasi.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, ujian yang akan dilaksanakan berbasis komputer itu akan digelar serentak mulai 26 Oktober-17 November 2018. Pelamar bisa melihat jadwalnya melalui portal sistem seleksi CPNS nasional (SSCN).

“Kepastian jadwal seleksi masing-masing instansi dapat dilihat pelamar dalam website instansi dan/atau SSCN mulai 25 Oktober 2018,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Selasa (23/10).

Dia menjelaskan, sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) 637/2018 tentang penggunaan sistem computer assisted test (CAT) milik BKN dengan dibantu sistem milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Digunakannya CAT UNBK (selain CAT BKN) bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan penyelenggaraan seleksi nasional CPNS ini mengingat banyaknya Kabupaten/Kota yang memperoleh formasi CPNS tahun 2018,” terang Ridwan.

Pelaksanaan seleksi CPNS dengan CAT akan berlangsung di 269 titik. Rinciannya, antara lain CAT BKN digunakan di 237 titik yang meliputi 26 titik di Kanreg BKN, UPT BKN dan Kantor Pusat BKN, 193 titik di provinsi/kabupaten/kota, serta 18 titik di instansi pusat. Sementara itu, CAT UNBK Kemendikbud akan digunakan di 32 titik.

Pelaksanaan SKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal seleksi CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) berasal dari konsorsium Perguruan Tinggi dan dienkripsi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selanjutnya, seleksi kompetensi bidang (SKB) berlangsung setelah pelamar lulus passing grade SKD, maka sebanyak tiga kali formasi pada setiap jabatan yang mendapat alokasi formasi akan mengikuti SKB.

Sebagai informasi, lebih dari 2,6 juta pelamar telah memenuhi syarat dan secara langsung lolos ke tahap selanjutnya. Sedangkan, sekitar 574 ribu akun dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi.

Maka, 2,6 juta pelamar tersebut dipastikan dapat mengikuti SKD mendatang. Namun, jumlah peserta yang lolos atau tidak masih akan terus bergerak lantaran masih ada 215 ribu akun belum diverifikasi. (jawapos)

Facebook Comments