Radar Batang

Produk Jurnalistik Harus Berdampak ke Masyarakat

Produk Jurnalistik Harus Berdampak ke Masyarakat

PAPARKAN – Salah satu pemateri Agus S Budiawan saat memaparkan materi dalam pelatihan jurnalistik yang digelar Kominfo Batang, Minggu (21/10).
NOVIA ROCHMAWATI

* Media Centre dan Jurnalis Digembleng

BATANG – Diskominfo Batang menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk tim media centre, humas, dan Jurnalis di luar Pemkab Batang, Minggu (21/10). Acara yang digelar di Hotel Dewi Ratih itu diikuti sekitar 20 peserta dan menghadirkan pemateri dari Kemenkominfo RI.

Salah satu pemateri, yakni Redaktur Berita Nusantara Info Publik Portal Berita Kemenkominfo, Eka Yonavilbia berharap pemberitaan yang ada di Kabupaten Batang tidak monoton. Berita yang dibuat sebisa mungkin memberikan pengaruh dan bermanfaat untuk masyarakat luas.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini penulisan beritanya bisa mengalami peningkatan. Semoga perubahannya drastis, karena berdasarkan isu-isu yang sedang berkembang sehingga beritanya tidak monoton dan bisa berpengaruh ke masyarakat,” terang Eka saat diwawancarai usai kegiatan.

Lebih lanjut, menurutnya salah satu pengambilan isu agar tidak monoton dengan menarik isu nasional ke daerah. Sehingga suara dari masyarakat di daerah bisa tersalurkan dan mempengaruhi kebijakan nasional.

Selain dari segi berita, dalam kesempatan ini peserta juga dilatih bagaimana untuk menghasilkan foto yang baik yang sesuai dengan konten berita. Untuk materi terkait foto disampaikan Agus S Budiawan, redaktur foto Info Publik Portal Berita Kemenkominfo.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Batang, Puji Setyowati berharap rekan-rekan media centre dapat menambah pengetahuan mereka terkait publikasi.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, dan kami harap rekan media centre lebih tahu. Dan bagi yang sudah menjadi jurnalis, yang sudah rutin nulis berita lebih baik kualitasnya. Dijelaskan secara teknis cara-cara membuat berita dan foto serta captionnya. Jadi yang belum tahu menjadi tahu, harapan saya teman media centre jangan mengeluh, harus terus semangat dan berlatuh terus menerus,” harap Puji. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments