Radar Pendidikan

Perbanyak Referensi Lewat Mobil Perpustakaan Keliling

Perbanyak Referensi Lewat Mobil Perpustakaan Keliling

SERBU – Siswa-siswi di SDN Penundan Banyuputih menyerbu mobil keliling Perpusda Batang, saat berkunjung ke sekolahnya beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI

BANYUPUTIH – Pagi itu, puluhan siswa SDN Penundan Banyuputih langsung menyerbu mobil Perpusling Disperpuska Batang saat menyambangi sekolah mereka. Ribuan buku yang telah disiapkan langsung mereka pilah sesuai dengan seleran. Kebanyakan para siswa memilih buku bacaan ringan, macam komik ataupun buku bergambar.

Kehadiran Perpustakaan Keliling memang jarang mereka rasakan. Karena memang jumlahnya terbatas dan harus bergilir dari sekolah ke sekolah. Oleh karenanya kehadiran Perpustakaan keliling, Selasa (16/10) lalu menjadi serbuan para siswa. Khususnya untuk menambah referensi selain buku-buku yang ada di sekolah.

“Anak-anak saya rasa senang sekali dengan kunjungan mobil Perpustakaan. Karena ini tidak setiap hari, dan buku-buku yang ada selalu diupdate. Sehingga ketika datang kemari banyak koleksi baru yang berbeda dengan koleksi yang ada di sekolah. Sehingga mereka makin antusias untuk menambah referensi,” terang Kepala SDN Penundan Banyuputih, Jumar SPd MSi saat diwawancarai, Sabtu (20/10).

Meski lebih banyak membaca bacaan ringan, namun pihaknya tidak mempermasalahkan sikap anak-anak tersebut. Menurutnya dengan membaca apapun sudah merangsang semangat anak untuk mencintai literasi. Sehingga ketika sudah dewasa anak sudah betah berlama-lama membaca buku.

Sementara itu, Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat Nurul Fadilah berharap kegiatan perpustakaan keliling ini mampu menumbuhkan semangat literasi anak. Pihaknya juga berharap semakin banyak CSR dari perusahaan di Batang yang dapat bekerja sama dengan perpustakaan. Sehingga makin banyak masyarakat yang bisa terlayani dengan fasilitas ini.

“Sebenarnya kegiatan perpustakaan keliling ini rutin tiap hari dilaksanakan. Hanya saja karena armadanya terbatas maka harus bergiliran antar sekolah dan antar kecamatan. Kami sedang berusaha bekerja sama dengan perusahaan agar mau mengarahkan CSR nya ke dunia perpustakaan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang makin terlayani dengan fasilitas Disperpuska Batang,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments