Radar Kajen

Bung Ramson Dorong Tingkatkan Inovasi Anak Bangsa

Helm Inovasi

INOVASI – Anggota Komisi VII DPR RI Jateng X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson menyerahkan helm produk inovasi anak bangsa kepada perwakilan warga dalam acara Uji Coba Produk PPBT di Gedung Pemuda, Sabtu (20/10).
TRIYONO

Gandeng Dirjen Inovasi Kemenristek dan Dikti

Belakangan ini produk barang impor membanjiri pasaran di wilayah Kabupaten Pekalongan. Padahal, berbagai inovasi karya anak bangsa juga tidak kalah saing. Untuk itu, anggota Komisi VII DPR RI Jawa Tengah X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson mendukung produk inovasi anak bangsa agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Adapun inovasi produk anak bangsa kali ini berupa Traktor Portable multiguna yang bisa dimanfaatkan oleh petani terutama di wilayah pegunungan. Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa traktor mini yang bisa digunakan untuk alat penyedot air, dapat mempermudah petani yang memiliki lahan minim khususnya di wilayah dataran tinggi.

Selain Traktor portable hasil inovasi anak bangsa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dibawah Kemenristek Dikti, sebagai Mitra Komisi VII DPR RI, juga ada Helm daur ulang yaitu Green Composite.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi VII DPR RI Jawa Tengah X, Fraksi Gerindra, Bung Ramson mengatakan bahwa sebagai anggota DPR RI mewakili Kabupaten/ Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal inovasi Kementerian riset dan teknologi. Selain itu juga bersama rekan-rekan perjuangan untuk memperoleh penambahan pengetahuan mengenai Sistem Inovasi dan juga mengenai teknologi untuk inovasi, baik teknologi tepat guna yang bisa langsung diaplikasikan oleh rekan-rekan.

“Ini bentuk dukungan mengurangi produk impor, oleh karena itu kami kenalkan sekaligus memberikan bantuan Traktor Portable inovasi anak bangsa. Sehingga bisa dimanfaatkan bagi warga yang berada di dataran tinggi, karena traktor ini multi guna bisa untuk menyedot air,” terangnya.

Dengan alat tersebut, lanjut Bung Ramson, area pertanian yang kurang maksimal hasil panennya bisa meningkat. Petani akan memiliki pendapatan lebih yang bisa untuk mencukupi kebutuhannya.

“Selain traktor portable ini juga ada karya inovasi anak bangsa berupa helm untuk keselamatan berkendara di jalan raya,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Bung Ramson bersama tim relawan wilayah Selatan Kota Santri juga menggelar diskusi untuk mendapatkan masukan dari ralawan agar dalam menjalankan amanah lebih maksimal dan aspirasi merata.

“Karena selain alsintan, adapula bantuan fisik. Memperjuangkan pembangunan jalan, irigasi motor angkut sampah, alar converter BBM ke BBG, Sumur bor air bersih dan lain-lain,”imbuhnya.

Sementara Direktur Sistem Inovasi pada Kemenristek Dikti, Ophirtus Sumule menyatakan ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya hasil-hasil penelitian anak bangsa itu untuk di masuk ke dunia industri. Kemudian inovasi bisa dipakai oleh masyarakat itu untuk menghindari banyaknya masukan teknologi-teknologi yang masuk dari luar.

“Jadi apa yang kita sampaikan ini adalah produk-produk anak bangsa yang dikembangkan oleh perguruan tinggi kita lembaga Litbang kita, kemudian akan digunakan oleh masyarakat. Inovasi ini merupakan dukunga dari teman-teman di legislatif, terutama Bung Ramson yang sangat mendorong,” terangnya.

Menurutnya, inovasi hasi Litbang ini untuk meminimalisir barang – barang impor dari luar negeri. Adapun produksi sampai 50 unit termasuk sudah diterapkan di berbagai negara di Indonesia. Namun kuncinya satu adalah bagaimana traktor ini bisa diproduksi massal dan ini butuh kebijakan untuk itu.

“Traktor ini multifungsi, bisa untuk pompa untuk pengolahan dan lain sebagainya bisa berkembang. Melalui traktor portable ini maka area pertanian di wilayah dataran tinggi bisa dimanfaakan secara maksimal,” imbuhya.

Dengan adanya uji Coba Produk PPBT tersebut, salah seorang peserta, Sudono menyatakan cukup bermanfaat. Karena, selama ini petani di daerah pinggiran masih menggunakan cara tradisional. Mudah mudahan dengan teknologi baru tersebut bisa membawa peningkatan hasil pertanian.

“Inovasi ini cukup bagus untuk mengurangi impor barang, apalagi saat ini rupiah terus melemah, harga harga peralatan mesin hasil impor juga naik. Melalui teknologi inovasi anak bangsa ini akan membawa hal positif, oleh karena itu saya juga mengucapkan terimakasih kepada anggota Komisi VII DPR RI Bung Ramson yang telah menginisiasi kegiatan ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu yang dihadiri oleh dua ratusan relawan juga diserahkan secara simbolis traktor portabel dan helm kepada perwakilan peserta. (yon)

Facebook Comments