Radar Kajen

Rp7 Miliar untuk Perbaikan Jalan Desa Sidomulyo

Rp7 Miliar untuk Perbaikan Jalan Desa Sidomulyo

BEBATUAN – Kondisi Jalan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan masih berupa tatanan bebatuan. Tahun 2019 direncanakan masuk program pembangunan.
MUHAMMAD HADIYAN

KAJEN – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU TARU) Kabupaten Pekalongan berencana mengalokasikan anggaran sebesar Rp7 miliar untuk perbaikan jalan di sepanjang jalan Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang sampai Desa Gunung Surat, Kecamatan Paninggaran. Perencanaan pengalokasian anggaran itu akan dimasukkan pada APBD 2019.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPU TARU Kabupaten Pekalongan, Wahyu Kuncoro, kemarin. Menurutnya, total perkiraan panjang jalan yang akan diperbaiki dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Lebakbarang sampai Desa Gunung Surat, Kecamatan Paninggaran mencapai dua kilometer. Beberapa titik masih berupa makadam atau tatanan bebatuan saja.

“Di tahun 2019 kami rencanakan untuk Desa Sidomulyo Rp2 miliar. Tapi secara total perkiraannya mencapai Rp7 miliar. Kondisi rusak perkiraan total sepanjang dua kilometer, tapi yang dibangun tidak itu saja,” ujar dia.

Dalam upaya mengetahui secara pasti kondisi kerusakan jalan di daerah pegunungan Kota Santri tersebut, DPU TARU bersama Bupati Pekalongan Asip Kholbihi didampingi Bappeda, BKAD dan beberapa OPD lainnya mengecek langsung ke lokasi.

Pada kesempatan itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, permasalahan jalan yang menjadi perhatian masyarakat, akan diselesaikan secara bertahap sampai tahun 2019. Akhir tahun 2018 mengejar pekerjaan di beberapa daerah bawah, melalui kegiatan yang telah dianggarkan.

Menurutnya, masalah infrastruktur jalan sangat menjadi perhatian masyarakat. Apalagi saat ini masih terdapat beberapa titik kerusakan jalan di daerah bawah dan banyak titik di daerah atas. Kerusakan tersebut mengganggu aktivitas masyarakat dan memperlambat perekonomian, sehingga menjadi perhatian khusus untuk diselesaikan.

“Untuk tahun 2018 sampai akhir tahun, akan diselesaikan perbaikan titik-titik kerusakan jalan di daerah bawah. Kemudian saya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang juga telah merencanakan anggaran perbaikan jalan di daerah atas di tahun 2019,” imbuh Bupati. (yan)

Penulis: Muhammad Hadiyan

Facebook Comments