Radar Kendal

Pengendara Hapal Lokasi Razia, Jumlah Tilang Turun

Pengendara Hapal Lokasi Razia, Jumlah Tilang Turun

RAZIA – Salah satu kegiatan razia kendaraan bermotor yang digelar Satlantas Polres Kendal, baru-baru ini.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Satlantas Polres Kendal sampai dengan saat ini menempati urutan ke-16 untuk jumlah tilang selama sebulan di tingkat Jawa Tengah dari keseluruhan Satlantas di masing-masing kota dan kabupaten. Peringkat tersebut mengalami penurunan yang biasanya Satlantas Polres Kendal di peringkat 10 besar dengan jumlah tilang setiap harinya rata-rata 170 pelanggar.

Hal itu dibenarkan Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy S, melalui Kanit Turjawali, Ipda Imam S, bahwa saat ini jumlah tilang semakin menurun. Terlebih targetnya semakin naik dari 174 menjadi 240 tilang setiap harinya.

Penurunan tersebut menurutnya banyak dari para pengendara yang sudah hafal jadwal dan lokasi razia, sehingga tak sedikit yang menghindari lokasi-lokasi razia setiap harinya.

“Jumlah tilang semakin menurun. Bukan karena masyarakat yang mulai tertib lalu lintas, akan tetapi para pengendara sudah hafal lokasi-lokasinya yang biasa dijadikan gelar razia, sehingga pada jam tertentu banyak yang menghindari dari lokasi razia,” ungkapnya.

Imam menambahkan, setiap sore selalu digelar razia kendaraan bermotor di depan halaman Polres Kendal. Akan tetapi, jumlah tilang tidak sebanyak seperti sebelumnya. Bahkan sebagian besar dari para pelanggar berasal dari luar kota. Katanya banyak dari para pengendara yang menghindar dari jalan depan Polres Kendal saat sore hari.

“Setiap sore kami gelar razia kendaraan bemotor di depan Polres Kendal akan tetapi hasilnya tidak maksimal,” imbuhnya.

Disebutkan Imam, beberapa waktu lalu ada salah satu pengendara mobil bak terbuka yang melarikan diri saat hendak diberhentikan dalam kegiatan razia yang membahayakan keselamatan petugas bahkan sempat terjadi proses kejar mengejar antara pelangar dan petugas kepolisian.

“Sempat hendak saya tindak dengan tegas akan tetapi saya urungkan akhirnya saya kejar dan terpaksa mobil patroli saya tabrakan ke pelanggar dan akhirnya berhenti,” pungkasnya.(fik)

Penulis: Akhmad Taufik

Facebook Comments